STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK KOTA BANJARMASIN DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR)

anwar, Adinda Khairunnisa (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK KOTA BANJARMASIN DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File pdf abstrak Adinda khairunnisa anwar.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (408kB)
[img] Text
Lembarr pengesahan.pdf

Download (467kB)

Abstract

Abstrak Adinda Khairunnisa Anwar. 19.11.0128. “Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor)”. Bimbingan Ibu Risa dwi Ayuni sebagai Pembimbing Utama dan Bapak M. Agus Humaidi sebagai Co Pembimbing.Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mempelajari rencana komunikasi yang digunakan oleh Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Kota Banjarmasin Kantor Komunikasi Informasi dan Statistik untuk menyebarkan kesadaran akan program tersebut, (2) Analisis elemen pendukung strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Komunikasi Statistik dan Informasi Kota Banjarmasin untuk menyebarkan kesadaran Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat (LAPOR) Online, dan (3) Mengidentifikasi hambatan strategi komunikasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi Statistik dan Informasi Kota Banjarmasin. Karena fakta bahwa penelitian dilakukan dalam pengaturan alami, metode pendekatan penelitian kualitatif sering disebut sebagai metode penelitian naturalistik. Purposive sampling yang melibatkan pemilihan informan dengan pengetahuan luas tentang topik yang diperiksa digunakan untuk mengidentifikasi informan yang akan menjadi subjek penelitian ini. Menganalisis data secara kualitatif meliputi reduksi data, tampilan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada lima fase membentuk strategi komunikasi: penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. (2) Fakta bahwa setiap kegiatan sosialisasi selalu disetujui dan didukung oleh pemerintah dan organisasi lain, kelayakan fasilitas seperti alat bantu komputer dalam konflik, dan ketersediaan jaringan cairan untuk memungkinkan proses pelaporan dan pelaporan berfungsi dengan lancar adalah semua elemen yang memungkinkan, dan (3) Karena sebagian besar peserta sosialisasi aplikasi LAPOR berusia di atas 45 tahun, masih ada sebagian masyarakat yang kesulitan memahami aplikasi LAPOR berbasis online. Selain itu, sebagian besar dari mereka yang menghadiri sosialisasi tidak pernah menggunakan ponsel Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Adinda Khairunnisa Anwar
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:01
Last Modified: 18 Mar 2024 06:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21815

Actions (login required)

View Item View Item