ANALISIS IMPLEMENTASI TINGKAT KESADARAN, PENGAWASAN DAN SANKSI TERHADAP KEBIJAKAN PERDA KAWASAN TANPA ROKOK (KTR) NOMOR 7 TAHUN 2013 DI RUMAH SAKIT TK. III DR. R. SOEHARSONO BANJARMASIN TAHUN 2023

HALIZAH, RASYIFA ELSA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI TINGKAT KESADARAN, PENGAWASAN DAN SANKSI TERHADAP KEBIJAKAN PERDA KAWASAN TANPA ROKOK (KTR) NOMOR 7 TAHUN 2013 DI RUMAH SAKIT TK. III DR. R. SOEHARSONO BANJARMASIN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak dan Daftar Pustaka Artikel.pdf

Download (927kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Penelitian.pdf

Download (225kB)

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh negara untuk setiap warganya. Salah satu perilaku masyarakat Indonesia yang berdampak negatif bagi kesehatan individu dan lingkungan adalah merokok. Merokok selain berbahaya bagi diri sendiri juga membahayakan kesehatan orang lain yang memiliki hak untuk menghirup udara yang bersih. Menurut WHO tahun 2017 menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-3 dengan jumlah perokok terbesar di dunia setelah China dan India. Jumlah perokok di Indonesia mencapai 35% dari total populasi, atau sekitar 75 juta jiwa, pertumbuhan prevalensi perokok pada anak-anak dan remaja yang tercatat di dunia sebesar 19,4%. Tujuan penelian ini untuk menganalisis tingkat kesadaran, pengawasan, dan sanksi terhadap kebijakan PERDA Nomor 7 Tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, penelitian ini bersifat In-Depth Interview yaitu melakukan wawancara mendalam terhadap informan agar diketahui secara jelas dan mendalam. Berdasarkan hasil penelitian mengenai tingkat kesadaran, masih banyak perokok yang masih merokok walaupun di lingkungan tersebut sudah ada tanda larangan merokok, dan 3 dari 4 informan mengetahui adanya PERDA Nomor 7 Tahun 2013. Mengenai pengawasan 4 informan menyebutkan bahwa pengawasan terhadap peraturan KTR di Rumah Sakit masih dilakukan oleh petugas jaga piket, perawat dan karayawan yang bekerja, masih belum ada bidang khusus yang mengawasi aturan tersebut dan sejauh ini masih efektif. Sedangkan untuk sanksi beberapa informan menyebutkan bahwa sejauh ini di kawasan Rumah Sakit hanya menerapkan sanksi teguran, tindakan fisik untuk anggota TNI bahkan SP. Diharapkan kepada pihak Rumah Sakit agar terus meningkatkan pengawasan terhadap aturan Kawasan Tanpa Rokok di lingkungan Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kawasan Tanpa Rokok, Rokok, Kesadaran, Pengawasan, Sanksi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Rasyifa Elsa Halizah
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:17
Last Modified: 21 Mar 2024 03:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item