HUBUNGAN PENETAHUAN, SIKAP, DAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DENGAN UPAYA PENCEGAHAN RISIKO PASIEN JATUH DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2023

Suci, Muhammad (2024) HUBUNGAN PENETAHUAN, SIKAP, DAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DENGAN UPAYA PENCEGAHAN RISIKO PASIEN JATUH DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK MUHAMMAD SUCI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Pengesahan M.Suci.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Pernyataan M. Suci.pdf

Download (336kB)

Abstract

Upaya pencegahan risiko pasien jatuh yaitu suatu upaya yang dilakukan perawat di rumah sakit guna menurunkan angka insiden pasien jatuh di rumah sakit khususnya ruang rawat inap yang dapat berakibat fatal kepada pasien maupun citra rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa hubungan pengetahuan, sikap, dan motivasi kerja perawat dengan upaya pencegahan risiko pasien jatuh di ruang rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru tahun 2023. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional, dengan populasi 265, sampel 72 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar perawat masuk kedalam kategori baik dalam upaya pencegahan risiko pasien jatuh. Dari hasil uji fisher’s exact test menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan upaya pencegahan risiko pasien jatuh dengan nilai p= 0.404. Sedangkan sikap memiliki hubungan dengan upaya pencegahan risiko pasien jatuh dengan nilai p= 0.016, begitu juga motivasi kerja dengan nilai p=0.019. Perawat diharapkan dapat menjalankan assessment pencegahan risiko pasien jatuh sebagai bentuk awal dalam melakukan asuhan keperawatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Motivasi, Upaya pencegahan risiko pasien jatuh
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:28
Last Modified: 22 Mar 2024 02:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item