KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (KTM) PADA KANTOR KELURAHAN LANJAS KECAMATAN TEWEH TENGAH KABUPATEN BARITO UTARA

Salehan, Roy (2024) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU (KTM) PADA KANTOR KELURAHAN LANJAS KECAMATAN TEWEH TENGAH KABUPATEN BARITO UTARA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK+DAPUS.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas serta faktor- faktor Pelayanan pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu pada Kantor Kelurahan Lanjas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis data penelitian data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada empat orang informan. Teknik analisis data yang digunakan oleh teori Miles dan Huberman dalam Sugiyono yaitu tahap menggunakan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan tidak mampu di Kantor Kelurahan Lanjas dimana dalam proses pemberian layanan ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat khususnya yang berhubungan dengan dimensi Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Emphaty (empati) dan Faktor Penghambat. Perbaikan kenyamanan tempat dalam melakukan pelayanan. ketidaknyamanan tersebut diakibatkan oleh pendingin ruangan yang tidak ada di bagian ruang tunggu, tidak tersedia meja diruang pelayanan, peningkatan keahlian petugas dalam menggunakan alat bantu pelayanan, meningkatkan keramahan kepada pengguna layanan. Pegawai di Kelurahan Lanjas sebaiknya lebih ramah dalam memberikan pelayanan, misalnya dengan tersenyum, dan faktor yang menghambat proses pelayanan diantaranya SDM pegawai maupun masyarakat. Kata Kunci : Kualitas, pelayanan, publik, bidang administrasi, kependudukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kualitas, pelayanan, publik, bidang administrasi, kependudukan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Roy Salehan
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:02
Last Modified: 21 Mar 2024 05:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21973

Actions (login required)

View Item View Item