APLIKASI MONITORING PENGADAAN, MAINTENANCE DAN PENGELOLAAN DATA ALAT PELINDUNG DIRI BERBASIS WEB PADA DEPARTEMEN SHE PT ENERGI BATUBARA LESTARI KABUPATEN TAPIN

Faidli, Ahmad Fakhreza (2024) APLIKASI MONITORING PENGADAAN, MAINTENANCE DAN PENGELOLAAN DATA ALAT PELINDUNG DIRI BERBASIS WEB PADA DEPARTEMEN SHE PT ENERGI BATUBARA LESTARI KABUPATEN TAPIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada monitoring pengadaan, maintenance, dan pengelolaan data alat pelindung diri (APD) di kantor Departemen SHE PT Energi Batubara Lestari. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa sistem yang digunakan saat ini kurang efisien dalam hal pengadaan dan pengelolaan APD. Proses pengajuan APD masih menggunakan metode manual dengan kertas yang ditulis oleh masing-masing karyawan, dan admin mengelola data tersebut menggunakan Microsoft Excel. Selain itu, ditemukan juga bahwa data APD tidak selalu diperbarui dengan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan pembangunan aplikasi berbasis web menggunakan teknologi Node.js dan React.js. Proses pengembangan aplikasi meliputi analisis kebutuhan sistem, desain sistem, implementasi, integrasi, pengujian, dan pemeliharaan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari perancangan sistem dan analisis sistem lama menuju sistem baru adalah aplikasi pengadaan, maintenance, dan pengelolaan APD berbasis web. Aplikasi ini memungkinkan monitoring dan pengelolaan APD dengan lebih efisien, serta mempermudah proses pengajuan dan validasi pengajuan APD. Sebagai saran untuk penelitian selanjutnya, dapat ditambahkan fitur baru seperti penggunaan barcode pada setiap APD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Monitoring; Apd; Maintenance; ReactJs; NodeJs;
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Ahmad Fakhreza Faidli
Date Deposited: 23 Mar 2024 01:45
Last Modified: 23 Mar 2024 01:45
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22002

Actions (login required)

View Item View Item