SISTEM MONITORING HARGA JUAL BAHAN BAKU PANGAN PADA DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM DI PASAR KABUPATEN PULANG PISAU BERBASIS WEB

Arnain, Taufik Maulana (2024) SISTEM MONITORING HARGA JUAL BAHAN BAKU PANGAN PADA DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM DI PASAR KABUPATEN PULANG PISAU BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pernyataaan Keaslian Skripsi.pdf

Download (304kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Artikel Taufik Maulana Arnain.pdf

Download (81kB)

Abstract

Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) adalah sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengembangan industri dan perdagangan di suatu daerah atau negara Kegiatan pendataan yang berhubungan dengan bahan baku pangan dilakukan setiap hari untuk mengontrol harga bahan baku yang ada di pasar Selama ini sistem yang digunakan masih dalam bentuk fisik yaitu tulis tangan di buku , beberapa kendala didapatkan dalam penggunaan sistem manual ini seperti kertas bisa hilang, tercecer dan sebagainya Untuk itu dalam penelitian ini akan dibangun suatu program aplikasi dengan mengambil studi kasus pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Pulang Pisau dengan judul penelitian “Sistem Monitoring Harga Jual Bahan Baku Pangan Pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM di Pasar Kabupaten Pulang Pisau Berbasis Web” Pada pembahasan metode penelitian ini, dibahas dua bagian metode, yaitu metode pengembangan sistem dengan menggunakan metode Waterfall dan metode dalam pengumpulan data. Untuk metode pengembangan sistem perangkat lunak mengacu pada model waterfall. Model ini salah satu model pengembangan software, dimana kemajuan suatu proses dipandang sebagai terus mengalir kebawah seperti air terjun. Dalam Model Waterfall, setiap tahap harus berurutan, dan tidak dapat meloncat ketahap berikutnya. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dan semakin canggih memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Manajemen sistem informasi berbasis Web dapat membantu pemerintah dalam memonitoring kestabilan harga di lapangan dan dapat dijadikan solusi untuk memberikan kinerja yang lebih efesien dan efektif. Dengan adanya sistem yang dibangun diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pengisian data hasil monitoring dan bisa mengetahui informasi data harga sembako secara realtime Dengan proses penginputan monitoring harga sembako berbasis web akan mengurangi penggunaan kertas saat melakukan monitoring dilapangan dan juga mengurangi permasalahan kertas/buku yang digunakan saat monitoring dengan sistem lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Monitoring, Harga, Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Taufik Maulana Arnain
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:04
Last Modified: 26 Mar 2024 03:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item