RANCANG BANGUN ALAT SIMULATOR SIKLUS PENDINGIN SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRO UNISKA MAB BANJARMASIN

Sya'ban, Akhmad Fadillah (2024) RANCANG BANGUN ALAT SIMULATOR SIKLUS PENDINGIN SEDERHANA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRO UNISKA MAB BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (128kB)

Abstract

Media pembelajaran berperan sebagai teknologi pembawa pesan atau informasi dari pengirim (dosen, Instruktur, pelatih) ke penerima (peserta pelatihan) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta pelatihan sehingga terjadi proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah membuat rancang bangun alat simulator siklus pendingin sederhana sebagai media alat bantu pembelajaran sistem refrigerasi pada mata kuliah sistem pendingin dan pemanas. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Research and Development. Untuk mengetahui kelayakan alat simulator siklus pendingin sederhana ini maka dilakukan dua tahapan, yakni pembuatan rancang bangun alat simulator siklus pendingin sederhana dan unjuk kerja alat simulator siklus pendingin sederhana. Hasil dari penelitian ini didapat sebuah alat simulator siklus pendingin sederhana yang dapat difungsikan sebagai alat bantu media pembelajaran. Terdiri dari komponen utama mesin pendingin yaitu kompresor, kondensor, filter dryer, pipa kapiler, dan evaporator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: simulator siklus pendingin, unjuk kerja, komponen utama.
Subjects: Q Science > QC Physics
Depositing User: Akhmad Fadillah Sya'ban
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:30
Last Modified: 03 Apr 2024 02:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22079

Actions (login required)

View Item View Item