PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN ARISAN ONLINE (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kota Banjarmasin)

Rahmawati, Santika (2024) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN ARISAN ONLINE (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kota Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Cover skripsi, abstrak, daftar pustaka, Santika Rahmawati 19810091.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pernytaaan orisinalitas.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Pengesahan pembimbing.pdf

Download (428kB)

Abstract

Arisan Online adalah Arisan yang di mainkan di dunia maya seperti media sosial dengan perantara, sesama anggota Arisan bisa jadi saling kenal atau pun tidak, dengan menggunakan sistem flat atau menurun anggota nya bisa memilih urutan dan nominal setoran yang di sanggupi nya, namun perlu di ingat bahwa Arisan jenis ini cukup beresiko tinggi bahkan rawan penipuan, hal ini terbukti dengan banyak nya penipuan Arisan dengan sistem Online ini. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah yaitu, bagaimana upaya penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana kejahatan penipuan Arisan Online di Wilayah Resor Kota Banjarmasin dan apa yang menjadi faktor penghambat dalam penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana penipuan Arisan Online di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian empiris. Penelitian empiris adalah jenis penelitian yang mengumpulkan data seperti wawancara, dan observasi yang kemudian di olah untuk mendapatkan kesimpulan. Dari penelitian ini di peroleh hasil bahwa penegakan hukum untuk penipuan Arisan Online di wilayah hukum kepolisian Resor Kota Banjarmasin belum menerapkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang bersifat khusus untuk permasalahan di dunia maya. Adapun upaya yang telah pihak kepolisian lakukan untuk membantu masyarakat dalam pelaporan sudah sesuai dengan prosedur operasi standar kepolisian yang berlaku di wilayah hukum kepolisian Resor kota Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penipuan Arisan Online, Polresta Banjarmasin, Upaya kepolisian
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Santika Rahmawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:15
Last Modified: 18 Apr 2024 01:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22188

Actions (login required)

View Item View Item