EFEKTIVITAS KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA BANJARMASIN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK 2024

Cahaya, Regita Nur (2024) EFEKTIVITAS KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA BANJARMASIN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILU SERENTAK 2024. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK REGITA C.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Pengesahan regita.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Pernyataan Regita.pdf

Download (192kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas dan Kendala Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin Dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu Serentak 2024. Proses kedaulatan rakyat yang diawali dengan Pemilihan Umum, dimaksudkan untuk menentukan asas legalitas, asas legitimasi dan asas kredibilitas bagi suatu pemerintahan yang didukung oleh rakyat. Partisipasi pemilu merupakan kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam proses pemilihan umum. Kurangnya partisipasi merupakan kurangnya pula kesadaran politik masyarakat dalam berdemokrasi melalui pemilu. Pada pemilu sebelumnya terjadi penurunan partisipasi masyarakat dikarenakan masih dalam era covid-19 oleh sebab itu perlu upaya untuk kembali meningkatkan partisipasi pemilih menjadi lebih baik pada pemilu serentak 2024 nanti. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data keseluruhan dilakukan dengan menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 indikator untuk menentukan efektivitas sosialisasi yaitu, kesesuaian prosedur, pemanfaatan sumber daya, anggaran, sarana dan prasarana, pencapaian tujuan, integrasi. Berdasarakan 6 indikator tersebut terdapat 5 indikator yang efektif yaitu pemanfaatan sumber daya, anggaran, sarana dan prasarana, pencapaian tujuan, integrasi. Kesimpulan dari penelitian ini Efektivitas Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin Dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih berjalan dengan efektif dengan terdapatnya peningkatan ketertarikan masyarakat terhadap pemilu 2024 serta tidak ada kendala dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Komisi Pemilihan Umum, Pemilu, Partisipasi Pemilih
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:04
Last Modified: 28 Mar 2024 05:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22195

Actions (login required)

View Item View Item