HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG MAKANAN TAMBAHAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJARBARU UTARA TAHUN 2023

Kholis, Rayhan Amrullah (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG MAKANAN TAMBAHAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANJARBARU UTARA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak rayhan amrullah.pdf

Download (228kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN rayhan amrullah.pdf

Download (316kB)
[img] Text
pengesahan rayhan amrullah.pdf

Download (94kB)

Abstract

Status gizi merujuk kepada kondisi tubuh yang dipengaruhi oleh asupan zat dan makanan yang dikonsumsi. Salah satu faktor yang memengaruhi status gizi adalah faktor tidak langsung seperti tingkat pengetahuan dan sikap ibu. Dalam wilayah kerja Puskesmas Banjarbaru Utara, terdapat sebanyak 1.243 balita dengan status gizi baik dan 259 balita dengan status gizi tidak baik, berdasarkan indikator berat badan/umur. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kaitan antara pengetahuan dan sikap ibu terkait pemberian makanan tambahan dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Banjarbaru Utara pada tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 21 balita dengan status gizi kurang (25,3%), sebanyak 38 ibu memiliki pengetahuan yang kurang (45,8%) dan 17 ibu memiliki sikap negatif (20,5%). Penelitian ini tidak menemukan adanya hubungan antara pengetahuan ibu mengenai pemberian makanan tambahan (PMT) dengan status gizi balita (p=0,363, p>0,05). Namun, terdapat hubungan antara sikap ibu dan status gizi balita (p=0,001). Oleh karena itu, diharapkan bahwa ibu terus memupuk sikap positif terkait keseimbangan gizi, sambil tetap meningkatkan pengetahuannya tentang pemberian makanan tambahan (MT).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Pengetahuan, Sikap, Makanan Tambahan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Rayhan Amrullah Kholis
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:30
Last Modified: 28 Mar 2024 03:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22203

Actions (login required)

View Item View Item