ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT. PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TANAH LAUT

Hernanda, Ade (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UJI BERKALA KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT. PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TANAH LAUT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Ade.pdf

Download (154kB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian Ade.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Hernanda, NPM.19120469, 2023 “Analisis Kualitas Pelayanan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Pada Upt. Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Di Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut”. Bimbingan Bapak Decky Kuncoro, S.IP., MI.IP Sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Junaidy M,Ikom M.AB selaku Co-Pembimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Pada UPT. Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunanakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, cara yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Wawancara, Serta Dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai analisis kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut yang terdiri dari 5 (lima) indikator yang dikemukanan oleh Parasuraman dalam (Hardiyansyah 2018:43) yaitu dimensi Tangible (berwujud), Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan), Empathy (empati). Namun Kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut masih dianggap belum memenuhi kualitas dari indikator Tangible (berwujud) ditunjau dari segi ketersediaan sarana dan prasarana pada Kantor Dinas Perhubungan khususnya pada PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor) yakni adanya alat pengujian kendaraan yang tidak berfungsi, ketersediaan kursi dan gedung pengujian kendaraan bermotor yang masih harus ditingkatkan kebersihannya sedangkan dari segi Assurance (jaminan) yakni belum pasti adanya jaminan waktu yang diberikan perihal pengadaan buku uji kendaraan. Faktor Penghambat beberapa alat yang harus dilakukan pengecekan dan perbaikan serta gedung pengujian kendaraan yang tidak memadai sehingga petugas kesulitan dalam menyelesaikan pengujian kendaraan bermotor dengan tepat waktu, hingga mengakibatkan antri yang lama bagi pengunjung atau masyarakat. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kulitas, Pelayana
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:31
Last Modified: 28 Mar 2024 03:31
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22212

Actions (login required)

View Item View Item