PROGRAM SANTUNAN DRIVER OJEK ONLINE PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH KONTEMPORER (STUDI KASUS PERUSAHAAN OJEK ONLINE MAXIM DI KOTA BANJARMASIN)

Jaya, Muhammad (2024) PROGRAM SANTUNAN DRIVER OJEK ONLINE PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH KONTEMPORER (STUDI KASUS PERUSAHAAN OJEK ONLINE MAXIM DI KOTA BANJARMASIN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
keaslian skripsi.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin diminatinya profesi sebagai driver ojek online, khususnya perusahaan ojek online maxim dikota Banjarmasin, hal ini didorong dengan kemudahan proses pendaftaran dan kemudahan dalam memenuhi persyaratannya. Fokus penelitian ini adalah program santunan yang ada pada perusahan ojek online maxim dikota Banjarmasin berdasarkan perspektif fiqh muamalah kontemporer. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, Hasil penelitian ini adalah program santunan driver ojek online maxim dikota banjarmasin menggunakan akad tabarru’ yaitu akad yang bertujuan untuk tolong menolong, bukan untuk tujuan mengambil keuntungan. Yang mana mekanisme program santunan ini ialah perusahaan maxim memotong saldo yang ada diaplikasi khusus driver maxim sebesar Rp.1000.00 setap bulannya dan Yayasan Pengemudi Selamat Sejahtera Indonesia (YPSSI) selaku perusahaan yang terafiliasi dengan perusahaan maxim bertindak sebagai pengelola dana atas dasar akad wakalah dari para driver ojek online maxim dan dana tersebut ditampung menggunakan rekening khusus yang berbeda dari keperluan lainnya. Hal ini sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No 53/DSN-MUI/III/2006.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fiqh Muamalah Kontemporer, Program Santunan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Jaya
Date Deposited: 02 Apr 2024 05:01
Last Modified: 02 Apr 2024 05:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22225

Actions (login required)

View Item View Item