ANALISIS KOMUNIKASI VIRTUAL PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UNISKA Banjarmasin)

AZIZAH, NAZLA AEN (2024) ANALISIS KOMUNIKASI VIRTUAL PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UNISKA Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (84kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (740kB)

Abstract

NAZLA AEN AZIZAH, NPM. 19110199 “Analisis Komunikasi Virtual Komunikasi Virtual Pemain Game Online Mobile Legends (Studi Kualitatif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UNISKA Banjarmasin)”. Bapak M. Agus Humaidi sebagai Pembimbing Utama dan Ibu Risa Dwi Ayuni sebagai Co Pembimbing. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana komunikasi virtual yang dilakukan pemain game online Mobile Legends. 2. Untuk mengetahui apa saja hambatan yang melatarbelakangi cara berkomunikasi pemain dalam game online Mobile Legends. 3. Untuk mengetahui apa saja upaya pemain agar komunikasi virtual berjalan dengan lancar dalam bermain game online Mobile Legends. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan dokumentasi kepada 5 informan. Analisis data menggunakan dengan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi virtual yang dilakukan pemain game online Mobile Legends untuk melakukan komunikasi salah satunya adalah chat rooms dan microphone. Hambatan yang melatarbelakangi pemain dalam bermain game Mobile Legends menyebabkan komunikasi virtual yang tidak efektif yang menimbulkan pertikaian antar anggota satu tim sehingga muncul perilaku toxic (kasar) dan caci maki di room chat atau bisa melalui microphone. Upaya pemain agar komunikasi virtual dengan lancar dalam bermain game online Mobile Legends dengan mengedepankan komunikasi yang efektif dan menghargai rekan tim, pemain dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bermain yang kooperatif dan menyenangkan dalam Mobile Legends.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Virtual, Pemain Game Online Mobile Legends
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nazla Aen Azizah
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:02
Last Modified: 30 Mar 2024 02:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item