KONSTRUKSI KOMUNIKASI TRAPEUTIK PERAWAT PASIEN GANGGUAN JIWA (Studi Fenomenologi Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei)

Winata, Lody (2024) KONSTRUKSI KOMUNIKASI TRAPEUTIK PERAWAT PASIEN GANGGUAN JIWA (Studi Fenomenologi Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel Lody Winata.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Pengesahan Lody 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Pengesahan Lody 2.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Orisinalitas Lody.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul KONSTRUKSI KOMUNIKASI TRAPEUTIK PERAWAT PASIEN GANGGUAN JIWA (Studi Fenomenologi Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei) Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang dilakukan oleh perawat sebagai tenaga professional yang bertujuan untuk membantu proses penyembuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi terapeutik perawat dengan pasien dan apa faktor penghambat komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, yaitu pendekatan yang didasari atas pandangan dan asumsi bahwa pengalaman manusia diperoleh melalui hasil interpretasi. Hasil penelitian di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien telah berlangsung dengan baik namun belum maksimal karena masih ada perawat yang lupa menjalankan sikap terapeutik yang baik dan benar. Faktor penghambat komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei adalah hambatan emosi, Latar belakang sosial budaya dan Belum adanya rasa percaya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, Komunikasi Terapeutik, Perawat, Pasien
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:15
Last Modified: 01 Apr 2024 02:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22290

Actions (login required)

View Item View Item