APLIKASI RFID BERBASIS RASPBERRY PI UNTUK DATABASE PERALATAN LABORATORIUM DI PRODI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN

Efendi, Teguh (2024) APLIKASI RFID BERBASIS RASPBERRY PI UNTUK DATABASE PERALATAN LABORATORIUM DI PRODI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (87kB)
[img] Text
keaslian.pdf

Download (54kB)
[img] Text
keaslian.pdf

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA1_merged.pdf

Download (177kB)

Abstract

Laboratorium merupakan fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus, untuk menunjang praktikum mahasiswa. Alat praktikum laboratorium harus dijaga dengan baik. Untuk mengontrol alat yang digunakan di laboratorium saat ini masih menggunakan metode manual. Petugas laboratorium mencatat alat yang digunakan secara manual di buku. Kelemahan metode manual adalah buku catatan yang digunakan petugas bisa hilang atau lupa menaruh dan data yang dicatat pun ikut hilang. Untuk mempermudah dalam pengontrolan alat yang dipinjam maka dibuat alat otomatis untuk mendata alat yang dipinjam maupun yang sudah di kembalikan dengan metode database. Alat pendukung pembuatan database tersebut adalah teknologi RFID (Rasio Frequency identification and Detector) berbasis Raspberry pi. Fungsi utama alat RFID reader adalah sebagai sensor penerima informasi dari alat yang diberi label khusus yaitu RFID Label, sedangkan untuk RFID Label bersifat mengirimkan informasi dan akan diteruskan ke perangkat utama yaitu Raspberry pi sebagai server atau pengolah data dengan metode database, data tersebut tersimpan pada website MSQL dengan nama phpmyadmin. Hasil dari pengujian alat cukup efektif dalam penyimpanan data peralatan dengan menggunakan metode website (phpmyadmin), namun untuk pendataan nama peminjam masih dijalankan dengan pengetikan manual. Data yang tersimpan pada website bisa diunduh sewaktu– waktu diperlukan dan lebih aman, dengan syarat mengingat ID dan password sebagai kunci login.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: RFID, Raspberry pi, database
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Teguh Efendi
Date Deposited: 01 Apr 2024 05:44
Last Modified: 01 Apr 2024 05:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22299

Actions (login required)

View Item View Item