STRATEGI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS PERUMAHAN RAKYAT KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (DPRKPLH) KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT

Sumaisah, Sumaisah (2024) STRATEGI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS PERUMAHAN RAKYAT KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (DPRKPLH) KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (152kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Abstrak Sumaisah.pdf

Download (294kB)

Abstract

ABSTRAK Sumaisah, NPM.19120155, 2023 “Strategi Kebijakan Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Lingkungan Hidup (Dprkplh) Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut ”. Bimbingan Bapak Junaidy, M.I.Kom., M.AB Sebagai Pembimbing Utama dan Ibu Sitna Hajar Malawat, S.AP., M.AP selaku Co-Pembimbing. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi kebijakan pengelolaan sampah oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. 2) Untuk mengetahui kendala yang menghambat pengelolaan sampah oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non statistik atau penelitian deskriptif kualitatif, yaitu melalui 1) Pengumpulan Data (Data Collection), 2) Reduksi Data (Data Reduction). 3) Penyajian Data (Data Display). 4) Menarik Kesimpulan (Conclusion Drawing) Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian, maka dapat disimpulkan Strategi Kebijakan Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Strategi kebijakan pengelolaan sampah oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yaitu dengan melakukan sosialisasi pada masyarakat dengan mengajak masyarakat untuk tidak sedikit-sedikit membuang sampah, sehingga tempat sampah menjadi menumpuk dan sulit untuk diurai. Selain itu dengan memisah sampah organik Menjaga kebersihan udara dan tanah dengan tidak membakar sampah. Melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan secara berkala. Strategi pengelolan sampah dapat terpadu dan terkoordinir dengan baik yaitu dengan bekerja sama dengan dinas terkait sehingga terkoordinir dengan baik dengan kerja sama yang baik sehingga dinas Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) tinggal melakukan pengangkutan untuk diambil dan dibuang ke TPA Pengelolaan sampah di Kecamatan Pelaihari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kebijakan, Pengelolaan Sampah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:58
Last Modified: 02 Apr 2024 04:58
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22323

Actions (login required)

View Item View Item