HUBUNGAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK KASAR DAN KEBUGARAN TERHADAP AKTIVITAS FISIK SISWA USIA 10 TAHUN (Studi Pada Siswa SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin)

Rahmah, Mutiara (2024) HUBUNGAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK KASAR DAN KEBUGARAN TERHADAP AKTIVITAS FISIK SISWA USIA 10 TAHUN (Studi Pada Siswa SDN Sungai Andai 4 Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian.pdf

Download (208kB)
[img] Text
abstrak revisi.pdf

Download (296kB)

Abstract

Dengan perkembangan zaman seperti saat sekarang ini olahraga dapat dirasakan semua kalangan masyarakat baik di dunia ataupun di Indonesia, dengan berolahraga atau latihan fisik adalah komponen penting dari kesejahteraan manusia, karena berkontribusi pada peningkatan keadaan fisik seseorang. Olahraga adalah aktivitas fisik teratur yang melibatkan gerakan tubuh yang sistematis untuk meningkatkan kebugaran fisik seseorang. Sekolah, rumah tangga, dan sarana olahraga lainnya mulai mengenalkan olahraga kepada anak sejak dini. Sejak masih di taman kanak-kanak, anak-anak sudah diajarkan olahraga untuk mengembangkan kemampuan motorik, keterampilan sosial, dan kestabilan emosi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubugan antara keterampilan gerak motorik kasar dan kebugaran terhadap aktivias fisik siswa usia 10 tahun (studi pada siswa SDN sungai andai 4 banjarmasin). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif non eksperimental dengan desain penelitian korelasional yang mengkaji hubungan dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah dasar Negeri sungai andai 4 Banjarmasin yang berjumlah 52 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas dengan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 30 orang peserta didik yang di ambil adalah siswa laki laki. Kesimpulan dalam penelitian ini memperoleh hasil unuk peserta didik laki laki yaitu Ftabel (4,21) > Ftabel (3,32) yang artinya memiliki hubungan yang signifikan antara keterampilan gerak motorik kasar (X1) dan kebugaran (X2) terhadap aktivitas fisik siswa usia 9-10 tahun Sekolah Dasar Negeri Sungai Andai 4 Banjarmasin (Y)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hubungan, keterampilan gerak motorik kasar, kebugaran, aktivitas fisik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: S.Pd Mutiara Rahmah
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:31
Last Modified: 24 Apr 2024 01:31
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22335

Actions (login required)

View Item View Item