ANALISIS KELAYAKAN USAHA TANI KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) DI DESA RANTAU JAYA KECAMATAN MANTANGAI KABUPATEN KAPUAS

PARAHAMNUDIN, GINANJAR (2024) ANALISIS KELAYAKAN USAHA TANI KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) DI DESA RANTAU JAYA KECAMATAN MANTANGAI KABUPATEN KAPUAS. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (107kB)

Abstract

Sektor pertanian dan perkebunan memegang peranan penting dalam mendongkrak pertumbuhan perekonomian Indonesia. Terutama terdapat pada perkebunan kelapa sawit yang merupakan salah satu sektor perkebunan terbaik di Indonesia. Sektor pertanian dan perkebunan adalah sektor penting di Kabupaten Kapuas sebagai sumber penghasilan masyarakat maupun perusahaan. Luas lahan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kapuas terus meningkat setiap tahunnya beriringan dengan meningkatnya juga produksi perkebunan kelapa sawit tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif yaitu data yang dapat menggambarkan dan menjelaskan Usaha Tani Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq) Di Desa Rantau Jaya Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas. Dan data kuantitatif berupa angka yang dapat dihitung atau data yang mengandung informasi berupa angka meliputi besar biaya produksi yang dikeluarkan petani sawit ataupun pendapatan dari usaha tani petani kelapa sawit Desa Rantau Jaya Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas. Skripsi ini bertujuan untuk analisis Teknik budidaya yang dilakukan pada tanaman kelapa sawit di Desa Rantau Jaya Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas meliputi Pengendalian Gulma, Pengendalian Hama dan penyakit, pemberian pupuk, dan melakukan pruning pada pelepah yang tidak dibutuhkan. Analisis Kelayakan usaha tani kelapa sawit di Desa Rantau jaya Kecamatan Mantangai kabupaten Kapuas Permasalahan yang terjadi di Desa Rantau Jaya adalah tidak aktifnya penyuluh pertanian sehingga hal ini mengurangi kualitas dan entitas pengetahuan para petani. Tidak adanya koperasi unit desa yang membantu petani menjual hasil panen kelapa sawit tersebut. Harga sawit yang tidak stabil mengurangi efesiensi pendapatan. Kurangnya perawatan dapat merugikan usaha tanaman kelapa sawit jika tidak ditangani dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sektor Pertanian dan Perkebunan, Kelapa Sawit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Ginanjar Parahamnudin
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:17
Last Modified: 04 Apr 2024 05:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22365

Actions (login required)

View Item View Item