PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

Azela, Rica Lidya (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
ABSTRAK RICA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (190kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaturan terhadap kekerasan dalam rumah tangga terhadap anak dan bagaimana perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban KDRT. Dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif, yang dilakukan dengan cara mengkaji berbagai aturan hukum yang bersifat formal seperti undang- undang, peraturan-perundang-undangan kemudian dihubungkan dengan permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini. Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu bagaimana pengaturan terhadap kekerasan dalam rumah tangga terhadap anak, bagaimana perlindungan terhadap anak sebagai korban KDRT Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa Perlindungan hukum terhadap anak untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan dari kekerasan dan diskriminasi. Dan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan terhadap anak didalam ruang lingkup keluarga. Pengaturan terhadap hal ini cukup keras dinyatakan secara tegas dalam undang-undang, bahkan lebih detail lagi mengatur tentang kewajiban bagi aparat hukum, pekerja sosial, maupun pembimbing rohani untuk melindungi korban agar mereka bisa lebih sedikit responsip terhadap kepentingan dalam rumah tangga yang pada kutuhan dan kerukunan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perlindungan Anak, kekerasan dalam rumah tangga
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:11
Last Modified: 19 Apr 2024 03:11
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22427

Actions (login required)

View Item View Item