ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN SASIRANGAN PADA TOKO KANTAN SASIRANGAN BANJARMASIN TAHUN 2024

Putra, Andhyka Arya (2024) ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN SASIRANGAN PADA TOKO KANTAN SASIRANGAN BANJARMASIN TAHUN 2024. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) Bagaimana peranan strategi pemasaran Instagram yang efektif untuk meningkatkan penjualan pada toko Kantan Sasirangan (2) Seberapa penting strategi pemasaran Instagram dalam hal menarik konsumen untuk meningkatkan penjualan. Toko Kantan Sasirangan adalah perusahaan yang memproduksi dan menjual kain khas Kalimantan Selatan, yaitu kain sasirangan dengan berbagai jenis bahan kain. Toko Kantan Sasirangan juga memasarkan produk lain dengan khas motif sasirangan seperti pakaian jadi, topi, mukena, jas lengan pendek, dan lainnya. Daerah pemasaran Kantan Sasirangan sekarang fokus pada daerah Banjarmasin dan sekitarnya. Penjualan produk pada toko Kantan Sasirangan selama 6 tahun terakhir, yaitu dari tahun 2017 sampai 2022 mengalami kenaikan dan penurunan. Setelah dilakukan penelitian dan analisa ternyata penurunan tersebut berkaitan dengan kurangnya promosi iklan berbayar oleh kantan sasirangan untuk menarik pembeli diluar Kalimantan Selatan, hilangnya akun shopee yang merupakan penjualan terbesar untuk ke luar kota, dan wabah covid 19. Promosi yang dilakukan selama ini oleh Kantan Sasirangan adalah melalui media sosial, iklan dimedia sosial, menyewa influencer untuk mengiklankan produk sasirangan, mengikuti pameran, mengikuti perlombaan, melakukan pelatihan, dan topik pembicaraan konsumen dari mulut ke mulut. Munculnya perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama mengakibatkan munculnya persaingan antar perusahaan, sehingga membuat penjualan produk perusahaan menurun. Untuk mengatasi masalah ini maka perusahaan harus melakukan perbaikan terhadap kegiatan pemasaran yang telah dilakukan seperti fokus terhadap konsumen pontensial, pada usia tertentu, pendapatan tertentu, dan menambah kegiatan promosi dalam bentuk lain yang relatif lebih efektif, dan efisien serta dapat memberi keuntungan yang maksimal bagi perusahaan yang salah satunya adalah meningkatkan penjualan sehingga mampu membawa perusahaan bersaing dengan perusahaan lain, dan bisa bertahan untuk masa yang akan datang. Kata Kunci : Analisis, Strategi Promosi, Media sosial, Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Strategi Promosi, Media sosial, Instagram.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Andhyka Arya Putra
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:28
Last Modified: 22 Apr 2024 02:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item