PERANCANGAN INSTALASI PIPA PENSTOCK 2 INCHII UNTUK TURBIN AIR TIPE ALIRAN SILANG DENGAN KAPASITAS 200 WATT DI DESA SUNGAI KEMBANG

PRASTYA, ARI EKA (2024) PERANCANGAN INSTALASI PIPA PENSTOCK 2 INCHII UNTUK TURBIN AIR TIPE ALIRAN SILANG DENGAN KAPASITAS 200 WATT DI DESA SUNGAI KEMBANG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK ARI EKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (300kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (457kB)

Abstract

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Sehingga itu rencananya diwilayah terpencil tersebut akan diadakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan, dan juga termasuk energi terbarukan. Kecamatan Pinogu terdapat bendungan untuk bisa dimanfaatkan sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar potensi air untuk menghasilkan energi listrik pada bendungan yang dapat menunjang elektrifikasi di Desa sungai kembang Kecamatan Aranio Kota Banjarbaru. Metode yang digunakan dalam menghitung debit air pada bendungan tersebut dengan metode Penampung dan pengukuran menggunakan stopwatch. Berdasarkan hasil pengukuran pada lokasi bendungan di Desa sungai krmbang Kecamatan Aranio Kota Banjarbaru, menghasilkan potensi air dengan debit air maksimal sebesar 0,133 m3/detik, dengan tinggi terjun 1,2 meter, maka total daya maksimal yang diperoleh yaitu 197,1 watt dan dapat menyalakan lampu 5 Watt.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Listrik, PLTMH, Desa sungai kembang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Ari Eka Prastya
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:37
Last Modified: 19 Apr 2024 01:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22465

Actions (login required)

View Item View Item