STRATEGI PENYALURAN DANA ZAKAT BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN MELALUI PROGRAM DIGITAL MICROPRENEUR

Gunawan, Rizal (2024) STRATEGI PENYALURAN DANA ZAKAT BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN MELALUI PROGRAM DIGITAL MICROPRENEUR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK RIZAL GUNAWAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
PENGESAHAN RIZL.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Pernyataan Rizal.pdf

Download (126kB)

Abstract

Program "Digital Micropreneur" yaitu sebuah inisiatif yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dengan memberikan dukungan modal usaha mikro sebesar Rp. 6 Juta kepada para pelaku usaha mikro. Dalam program ini, BAZNAS memberikan pembinaan. Tujuan memberikan bantuan ini agar semangat berusaha para pelaku usaha mikro dapat kembali bangkit, dan meningkatkan perekonomian mereka. Peran Program Digital Micropreneur memiliki dampak yang signifikan terhadap aspek sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan para pemilik usaha mikro. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah program ini telah berhasil disalurkan oleh BAZNAS kepada pemilik usaha mikro di Provinsi Kalimantan Selatan, faktor-faktor apa yang menyebabkan beberapa usaha binaan tidak mengalami perkembangan yang baik meskipun telah dilakukan pembinaan, dan bagaimana efektifitas penyaluran dana zakat oleh BAZNAS provinsi kalimantan selatan melalui Program Digital Micropreneur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek sosial ekonomi dapat dilihat dari faktor-faktor yang terkait dengan pembinaan. Selain itu, peningkatan pendapatan UMKM binaan juga menjadi indikator pengaruh positif dari program ini. Dengan demikian, Program Digital Micropreneur memberikan kontribusi yang positif dalam mendukung pemulihan ekonomi para pemilik usaha mikro. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang efektivitas program, serta memberikan rekomendasi bagi pihak terkait untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan pendapatan UMKM binaan dari program tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Digital Micropreneur, UMK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Rizal Gunawan
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:08
Last Modified: 24 Apr 2024 02:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22504

Actions (login required)

View Item View Item