TINJAUAN SANKSI PIDANA ANAK PEMAKAI NARKOBA JENIS SABU-SABU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN ANAK

Zahroh, Halimatuz (2024) TINJAUAN SANKSI PIDANA ANAK PEMAKAI NARKOBA JENIS SABU-SABU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN ANAK. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
PENGESAHANA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (232kB)

Abstract

Anak sebagai pelaku tindak pidana harus diperlakukan secara manusiawi untuk kepentingan terbaik bagi anak untuk mewujudkan pertumbuhan dan memberikan perkembangan fisik, mental dan sosial. Undang-Undang No 11 Tahun 2012 telah memberikan gambaran perlindungan hukum yang berlandaskan hak-hak anak. Permasalahan aturan sistem peradilan pidana anak ini dapat di terapkan secara objektif pada semua anak yang berkonflik dengan hukum. Tujuan tujuan penelitian ini untuk mengetahuai 1) ketentuan system peradilan anak pemakai narkota jensi sabu-sabu berdsarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun Tahun 2012 Tentang Sistem Perdilan Anak. 2) mengetahui mekanisme perlindungan hukum pengguna terhadap anak yang menjadi pemakain narkotika jenis sabu-sabu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif dengan tipe penelitian ini dianalisis menggunakan penelitian deskriptif. Bahan hukum menggunakan Bahan hukum Undang-Undang Nomor 11 Tahun Tahun 2012 Tentang Sistem Perdilan Anak. Teknik pengumpulan data bahan-bahan hukum tertulis. Analisis bahan hukum menggunakan ata-data primer dan data-data sekunder berdasarkan permasalahan yang ada. Hasil penelitian yaitu 1) Ketentuan sistem peradilan anak pemakai narkoba jenis sabu-sabu berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan dan Peradilan Pidana Anak dan PERMA Nomor 4 Tahun 2014 dilihat dari tingkat keadilan restoratif adalah menyelesaikan masalah dengan cara mufakat, tapi pada kenyataannya hal tersebut tidak terlaksana dengan baik. 2) Mekanisme perlindungan hukum pengguna terhadap anak yang menjadi pemakain narkotika jenis sabu-sabu yaitu perlindungan hukum terhadap anak penyalahguna narkotika diatur pada UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Dalam undang-undang tersebut di atur bahwa perlindungan hukum dapat dilakukan dengan memenuhi hak-hak anak selama dalam proses peradilan pidana, dengan mengupayakan penyelesaian perkara di luar pengadilan. Substansi perlindungan hukum yang diatur dalam UU SPPA adalah dengan pemenuhan hak-hak anak yang menjalani proses peradilan pidana sedemikian rupa agar terhindar dari proses peradilan yang keras, dengan menggunakan prinsip keadilan restoratif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sanksi Pidana, Anak Pemakai Narkoba, Sabu-Sabu
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 20 Apr 2024 02:56
Last Modified: 20 Apr 2024 02:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22519

Actions (login required)

View Item View Item