EFEKTIVITAS PENEGAKAN PASAL 39 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan)

FITRIANI, RENY NUR (2024) EFEKTIVITAS PENEGAKAN PASAL 39 UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2022 TENTANG PEMASYARAKATAN (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
CovAbsDaf_RenyNurFitriani.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Orisinalitas_RenyNurFitriani.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Pengesahan_RenyNurFitriani.pdf

Download (110kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Program Kemandirian terhadap Warga Binaan di Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mengetahui efektivitas penegakan pasal 39 Undang–Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan dalam melaksanakan pembinaan keterampilan bagi narapidana. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Subseksi Bimbingan Kerja dan Pengolahan Hasil Kerja, beberapa Pembina Program Kemandirian serta beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan yang ikut serta dalam kegiatan kemandirian. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi program kemandirian di Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan dilakukan sesuai dengan diterbitkannya UU Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. Program kemandirian yang dilakukan di Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan yaitu keterampilan, tata boga, kerajinan tangan, perkebunan, peternakan, pertanian, pengelasan dan pertukangan, dan budidaya ikan Koi. Metode pelaksanaannya melalui pelatihan dan praktik secara langsung. Dalam pengembangan pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan bekerja sama dengan instansi-instansi di luar Lapas seperti, BLK, Dinas Perikanan, Rumah Sasirangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, dan Dinas Perkebunan. Kedua, faktor penghambat yang dihadapi Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan dalam menjalankan program kemandirian terhadap warga binaan yaitu, 1) Keterbatasan Anggaran, 2) Daya Tampung, 3) Kurangnya Jumlah Petugas, dan 4) Fasilitas dan Prasarana 5) Penjualan Hasil Kerja (Promosi), 6) Motivasi Narapidana. Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada Pemerintah agar lebih memberikan perhatian kepada Lembaga Pemasyarakatan termasuk Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, diharapkan pembinaan yang lebih efektif lagi untuk pengembangan program kemandirian sehingga warga binaan lebih semangat dalam mengikuti pelatihan, dan selanjutnya diharapkan kepada Pemerintah memperhatikan dan menambah petugas Lapas agar pelaksanaan pembinaan dapat berjalan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Kemandirian, Lembaga Pemasyarakatan, Warga Binaan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:50
Last Modified: 22 Apr 2024 03:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22574

Actions (login required)

View Item View Item