PEMASARAN PRODUK OLAHAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum) STUDI KASUS DI UD BERKAT SEJAHTERA KELURAHAN SUNGAI BESAR BANJARBARU

Puteri, Devi Ariasandi (2024) PEMASARAN PRODUK OLAHAN JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum) STUDI KASUS DI UD BERKAT SEJAHTERA KELURAHAN SUNGAI BESAR BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Devi A.P..pdf

Download (92kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi 1.pdf.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran produk olahan jahe merah, biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi dalam pemasaran produk olahan jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) studi kasus di UD. Berkat Sejahtera Kelurahan Sungai Besar Banjarbaru. Waktu penelitian dimulai dari bulan Juni 2022 sampai selesai. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus bertempat di UD. Berkat Sejahtera Banjarbaru, penarikan sampel untuk penentu lembaga pemasaran dan konsumen akhir menggunakan metode snowball. Responden dalam penelitian berjumlah 1 orang produsen, 10 orang pengecer, dan 5 orang konsumen akhir. Hasil dari penelitian ini ditemukan dua pola saluran pemasaran serbuk jahe merah dan sirup jahe merah pada usaha UD Berkat Sejahtera. Saluran pemasaran 1: Produsen – Konsumen Akhir dan saluran pemasaran 2: Produsen – Pengecer – Konsumen Akhir. Saluran pemasaran 1 memiliki total biaya pemasaran serbuk jahe merah sebesar Rp.208,-/ toples dan sirup jahe merah Rp.208,-/botol, sedangkan total biaya pemasran pada saluran II yaitu serbuk jahe merah Rp.2.167,-/toples dan total biaya sirup jahe merah Rp.2.085,-/botol. Margin total pada saluran I Rp.0,-/botol (tidak memiliki margin) baik itu serbuk jahe merah maupun sirup jahe merah dan pada total margin saluran II serbuk jahe Rp.4.600,-/toples sedangkan sirup jahe total margin Rp. 3.700,-/botol. Keuntungan yang didapat pada Lembaga pemasaran pengecer di saluran II pada produk serbuk jahe merah Rp. 4.078,-/botol sedangkan keuntungan sirup jahe merah Rp. 3.103,-/botol. Permasalahan yang dihadapi produsen yaitu kurangnya informasi pemasaran di media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Saluran pemasaran, Olahan Jahe Merah, Produsen, Konsumen.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Devi Ariasandi Puteri
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:39
Last Modified: 25 Apr 2024 03:39
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22600

Actions (login required)

View Item View Item