ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI TERHADAP KERAJINAN TANGAN BERBAHAN BESI DITINJAU PERSPEKTIF PEMASARAN ISLAM (Studi Kasus Di Desa Penggandingan Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan)

LUKMAN, LUKMAN (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI TERHADAP KERAJINAN TANGAN BERBAHAN BESI DITINJAU PERSPEKTIF PEMASARAN ISLAM (Studi Kasus Di Desa Penggandingan Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
fix Jurnal Lukman 19510174[1].pdf

Download (128kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN LUKMAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN LUKMAN.pdf

Download (310kB)

Abstract

Usaha kerajinan tangan berbahan besi merupakan badan usaha swasta yang memproduksi alat-alat besi. Wirausahawan yang ahli dalam menangani pekerjaan dan telah membuktikan dirinya mampu dan diakui sebagai ahli di bidangnya. Keahlian industri besi yang pertama kali membuat perkakas seperti Tentengan piring dan Tentengan cangkir. Rumusan masalah dalam penelitin ini, yaitu Bagaimana strategi pemasaran dan pengembangan industri kerajinan tangan berbahan besi di desa Penggandingan Kecamatan Daha Utara. Bagaimana strategi pemasaran dan pengembangan industri kerajinan tangan berbahan besi ditinjau dari perspektif pemasaran islam. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pemasaran dan pengembangan industri terhadap kerajinan tangan berbahan besi di desa Penggandingan Kecamatan Daha Utara dan untuk mengetahui faktor penghambat industri kerajinan tangan berbahan besi di desa Penggandingan Kecamatan Daha Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu Strategi pemasaran yang dilakukan para pelaku industri kerajinan tangan berbahan besi dalam melakukan peningkatan penjualan barang hasil produksinya dilakukan dengan penetrasi pasar melalui promosi dan distribusi secara aktif. Strategi pemasaran dan pengembangan industri kerajinan tangan berbahan besi yang dilakukan oleh CV. Permata Jaya ditinjau dari perspektif pemasaran islam yaitu menggunakan akad tukar dan jual dalam bertransaksi serta menerapkan sifat amanah (jujur) dan tabligh (menyampaikan) kepada pelanggan misal ada cacat produk yang beliau jual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pengembangan Industri, Kerajinan Tangan berbahan Besi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Depositing User: Lukman
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:07
Last Modified: 24 Apr 2024 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22645

Actions (login required)

View Item View Item