ANALISIS YURIDIS TENTANG KEKUATAN PEMBUKTIAN PERCERAIAN AKIBAT PIHAK KETIGA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

Fitri, Annisa Raihani (2024) ANALISIS YURIDIS TENTANG KEKUATAN PEMBUKTIAN PERCERAIAN AKIBAT PIHAK KETIGA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK ANNISA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
PENGESAHAN ANNISA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
PERNYATAAN ANNISA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal bedasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa , perkawinan dilihat dari bentuk nya terdapat dua bentuk perkawinan yaitu bentuk perkawinan dibawah tangan dan perkawinan berdasarkan hukum positif indonesia. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data Undang-undang hukum perdata, serta data skunder dilakukan dengan melakukan studi kepustakaan. Studi kepustakaan yaitu suatu cara pengumpulan data dengan melakukan penulusuran terhadap bahan pustaka yang dapat menjadi bahan dasar guna mempertajam analisis dalam putusan, yaitu dengan mempelajari bahan hukum primer yang terdiri atas Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pasal 1 ayat (1) perihal Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik.Kasus perceraian Akibat Orang Ketiga merupakan realita yang terjadi di masyarakat. Setiap rumah tangga yang biasanya diwarnai dengan adanya permasalahan-permasalahan antara suami istri akibat adanya konflik diantara mereka. Konflik dalam rumah tangga ada yang dapat mereka selesaikan dan ada juga yang harus berakhir dengan perceraian. Adanya konflik yang berlarut-larut dalam keluarga biasanya membuat salah satu pihak mencari penyelesaian dengan mencari solusi di luar rumah yang berujung terjadinya potensi perselingkuhan. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu dalam hukum Islam perceraian itu tidak dapat terjadi begitu saja, harus ada alasan yang dibenarkan oleh hukum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan. Perceraian. Pihak ketiga
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 24 Apr 2024 05:47
Last Modified: 24 Apr 2024 05:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22656

Actions (login required)

View Item View Item