ANALISIS PERLINDUNGAN HAK ASUH ANAK PASCA PERCERAIAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

Sari, Dea Nopian (2024) ANALISIS PERLINDUNGAN HAK ASUH ANAK PASCA PERCERAIAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK DEA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
PENGESAHAN DEA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
PERNYATAAN DEA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan antara seorang pria dan seorang wanita untuk menjalani hidup bersama,terkadang akan berakhir dengan disebabkan oleh berbagai hal. tidak sedikit dari pasangan suami istri merasa bahwa perkawinan mereka sudah tidak dapat dipertahankan lagi dan kemudian mereka memutuskan untak mengakhiri masalah rumah tangga mereka dengan jalan bercerai. Dalam banyak kasus perceraian, persoalan hak asuh anak merupakan masalah yang sering menjadi pangkal sengketa di antara suami istri yang bercerai. Sebab dari perceraian yang terjadi antara suami istri yang berhubungan mereka mempunyai anak inilah yang akan menimbulkan terjadinya permasalahan hak asuh anak. Oleh karna itu, perlu upaya perlindungan hak asuh anak apakah anak ikut ibu atau ayah. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mencoba mengangkat judul tersebut karna ingin mengetahui bagaimana hak asuh anak pasca perceraian orangtua. Metode yang digunakan adalah normatif. Dengan alat pengumpulan datanya adalah mengkaji dari aspek kepustakaan. Hasil penelitian hak asuh jatuh kepada ibunya karna anak tersebut masih dibawah umur . Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, Telah menegaskan bahwa pertanggung jawaban orang tua, keluarga,masyarakat, pemerintah dan Negara merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terus menerus demi terlindungnya hak anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perceraian, anak. hak asuh
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Dea Nopian Sari
Date Deposited: 24 Apr 2024 05:49
Last Modified: 24 Apr 2024 05:49
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item