TINJAUAN PERLINDUNGAN ANAK KORBAN TINDAK PIDANA EKSPLOITASI SEKSUAL KOMERSIAL MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014

AKBAR, MUHAMMAD ALI (2024) TINJAUAN PERLINDUNGAN ANAK KORBAN TINDAK PIDANA EKSPLOITASI SEKSUAL KOMERSIAL MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Muhammad Ali Akbar_CovAbsDaf.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Muhammad Ali Akbar_orisinalitas.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Muhammad Ali Akbar_pengesahan.pdf

Download (114kB)

Abstract

Eksploitasi seksual yang dilakukan terhadap anak di bawah umur tentunya akan berdampak pada psikologis maupun perkembangan lainnya terhadap anak tersebut.. Sanksi pidana eksploitasi seksual komersial pada anak di bawah umur melalui media online diatur dalam ketentuan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak mengatur mengenai tindak pidana eksploitasi seksual komersial pada anak dalam pasal 88 yang mana dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah)” Eksploitasi seksual komersial anak sekarang ini menjadi permasalahan yang cukup serius dan berbahaya bagi masa depan di Indonesia. Upaya perlindungan hukum Eksploitasi seksual komersial anak melalui media social terdapat dalam Pasal 64 ayat (3) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dilakukan melalui: a. Upaya rehabilitasi, baik dalam lembaga maupun di luar lembaga. b. Upaya perlindungan dari pemberitaan identitas melalui media massa dan untuk menghindari labelisasi. c. Pemberian jaminan keselamatan bagi saksi korban dan saksi ahli, baik fisik, mental, maupun sosial. d. Pemberian aksesibilitas untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan perkara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Anak, Eksploitasi Seksual Komersial, Media Sosial
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:12
Last Modified: 25 Apr 2024 06:12
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item View Item