SISTEM INFORMASI MONITORING KEUANGAN DAN PERHITUNGAN PPN DALAM NEGERI (PPN DN) PADA PT. CAHAYABHAKTI KARYASERASI (PT. CBKS) BERBASIS WEB

NOVITA, SIRLI (2022) SISTEM INFORMASI MONITORING KEUANGAN DAN PERHITUNGAN PPN DALAM NEGERI (PPN DN) PADA PT. CAHAYABHAKTI KARYASERASI (PT. CBKS) BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel_SIRLI NOVITA_17630683.pdf

Download (601kB)

Abstract

PT. CahayaBhakti KaryaSerasi (PT. CBKS) adalah perusahaan distributor Sidomuncul satu satunya yang berada di Kalimantan Selatan. Setiap perusahaan yang berdiri secara resmi dan menjadi Wajib Pajak termasuk PT. CBKS harus taat terhadap pajak seperti dalam hal pelaporan. PT. CBKS perhitungan atau pengarsipan PPN Dalam Negeri (PPN DN) masih dilakukan secara manual, walaupun pelaporannya sudah terprogram secara online. Ini tentu menjadi sangat terkendala karena setiap bulannya PT. CBKS harus melaporkan PPN kurang atau lebih bayarnya PPN Dalam Negeri (PPN DN). Perhitungan manual membuat rentan terjadinya kesalahan dalam pelaporannya. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat membantu karyawan khususnya bagian perhitungan pajak, sehingga dapat mempermudah dalam proses penginputan data, selain itu jika terjadi kesalahan akan dapat dengan mudah dilakukan perbaikan. Sistem ini juga sudah dilengkapi dengan perhitungan PPDN secara otomatis, sehingga akan mengurangi resiko kesalahan dalam perhitungannya. Selain itu dengan sistem yang akan dibuat juga akan dapat mempermudah dalam pencarian data-data pajak serta juga membantu dalam pembuatan laporan. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini adalah PHP dan MySQL. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Website yang dapat membantu PT. CahayaBhakti KaryaSerasi (PT. CBKS) dalam pengelolaan data dari data Pajak Keluaran, Pajak Retur Keluaran, Pajak Masukan, Retur Masukan dan hasil nilai PPN Dalam Negeri (PPN DN). PT. CahayaBhakti KaryaSerasi (PT. CBKS) is the only Sidomuncul distributor company in South Kalimantan. Every company that is officially established and becomes a Taxpayer including PT. CBKS must comply with taxes as in terms of reporting. PT. CBKS calculation or filing of Domestic VAT (PPN DN) is still done manually, even though the reporting has been programmed online. This of course becomes very constrained because every month PT. CBKS must report VAT underpayment or overpayment of Domestic VAT (PPN DN). Manual calculations make it prone to errors in reporting. For that we need an application that can help employees, especially the tax calculation section, so that it can facilitate the process of inputting data, besides that if an error occurs, it can be easily repaired. This system is also equipped with automatic PPDN calculations, so it will reduce the risk of errors in the calculations. In addition, the system that will be made will also be able to facilitate the search for tax data and also assist in making reports. The applications used in this research are PHP and MySQL. The final result of this research is a website that can help PT. CahayaBhakti KaryaSerasi (PT. CBKS) in managing data from data on Output Tax, Output Return Tax, Input Tax, Input Return and the result of Domestic VAT value (PPN DN).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pajak, PPN DN, PHP, MySQL Tax, Domestic VAT, PHP,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Sirli Novita
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:35
Last Modified: 30 Jun 2022 01:35
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item