ANALISIS TINDAK PIDANA MEMILIKI ATAU MENGUASAI UANG PALSU MENURUT UNDANG-UNDANG NO 7 TAHUN 2011 TENTANG MATA UANG (PUTUSAN PENGADILAN NOMOR : 86/PID.SUS /2013/PN.K.KP)

Rohman, Saiful Aziz (2022) ANALISIS TINDAK PIDANA MEMILIKI ATAU MENGUASAI UANG PALSU MENURUT UNDANG-UNDANG NO 7 TAHUN 2011 TENTANG MATA UANG (PUTUSAN PENGADILAN NOMOR : 86/PID.SUS /2013/PN.K.KP). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (434kB)

Abstract

Uang adalah benda yang sedemikian rupa yang di gunakan sebagai alat pembayaran yang sah dan berlaku terhadap transaksi, selain sebagai alat transaksi maupun sebagai alat pembayaran yang sah, uang juga merupakan simbol Negara sebagai alat pemersatu, atau dapat juga menjadi alat penguasaan perekonomian atau penjajahan oleh satu Negara pada Negara lain diatur dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Tindak pidana membelanjakan uang palsu pernah terjadi di wilayah hukum Pengadilan Negeri Kuala Kapuas dalam Putusan Perkara Pengadilan Negeri Kuala Kapuas Putusan pengadilan Nomor :86/Pid.Sus /2013/Pn.K.Kp Terdakwa dijatuhi hukuman pasal 36 ayat (2) Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan pidana penjara selama 10 (Sepuluh) bulan dan membayar denda sebesar Rp.1.000.000,- (Satu juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan. Penelitian ini difokuskan pada 2 rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana pengaturan Hukum tentang tidak Pidana memiliki atau menguasai Mata Uang Rupiah Palsu berdasarkan Undang-Undang No.7 Tahun 2011 tentang Mata Uang Rupiah,(2)Bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pengadilan Negeri Nomor :86/Pid.Sus/2013/Pn.K.Kp. Di Pengadilan Negeri Kuala Kapuas terhadap Tindak Pidana Memiliki Atau Menguasai Uang Rupiah Palsu.Pendekatan masalah yang dipergunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan yuridis normative, yakni dilakukan berdasarkan Studi Kasus Putusan Pengadilan Nomor :86/Pid.Sus/2013/Pn.K.Kp,serta pendekatan terhadap Perundang-Undang yakni pendekatan ini dilakukan dengan menelaah semua peraturan Perundang-Undangan yang bersangkut paut dengan permasalahan hukum yang sedang dihadapi. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut pertanggungjawaban pelaku tindak pidana membelanjakan uang ditinjau putusan Pengadilan Nomor :86/Pid.Sus /2013/Pn.K.Kp. Atas Dasar Pertimbangan Hakim terhadap terdakwa dapat tindak pidana yang diatur dalam suatu peraturan-peraturan yaitu melakukan memili atau Menguasai Uang Palsu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Tindak Pidana, Memiliki, Menguasai, Uang Palsu
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Saiful Aziz Rohman
Date Deposited: 10 Sep 2022 05:34
Last Modified: 10 Sep 2022 05:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12455

Actions (login required)

View Item View Item