APLIKASI PENGELOLAAN DAN MONITORING DANA HIBAH DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN BANJAR BERBASIS WEB

Fadillah, Muhammad (2022) APLIKASI PENGELOLAAN DAN MONITORING DANA HIBAH DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN BANJAR BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan M. Fadillah.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi M. Fadillah.pdf

Download (174kB)

Abstract

Saat ini, teknologi berkembang sangat pesatnya. Hampir disegala sektor bidang pekerjaan menggunakan teknologi untuk membantu menyelesaikan segala jenis pekerjaan. Saat ini proses penyaluran dana hibah yang dilakukan oleh pemerintah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar masih menggunakan cara konvesional yang terbilang kurang efektif. Alur birokrasi yang dilakukan yaitu dari proses pengajuan oleh pemohon hingga pencairan dana masih melalui tahap alur birokrasi yang panjang. Dengan melalui alur birokrasi yang panjang ini tentunya akan mengurangi tingkat keefisensian dalam proses pengajuan oleh pemohon dalam mencairkan dana hibah yang disediakan oleh pemerintah setempat. Selain itu juga, proses rekapitulasi data hanya menggunakan Microsoft excel saja tanpa didukung oleh sistem informasi yang tentunya akan memakan waktu yang lama dalam proses pembuatan laporan. Telah dirancang sebuah aplikasi proses penyaluran dana hibah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar nantinya, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar dalam mengelola proses penyaluran dana hibah kepada masyarakat melalui aplikasi tersebut. Proses perancangan yang dilakukan berbasis WEB yang tersusun atas proses analisa kebutuhan data, kebutuhan antarmuka, kebutuhan fungsional, dan usecase. Hasil dari tulisan ini adalah sebuah prototipe sistem informasi pendaftaran dan verifikasi pengajuan permohonan dana hibah secara online. Aplikasi ini juga diuji menggunakan uji black box yaitu menguji perangkat lunak dari segi fungsional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Monitoring, Dana Hibah,WEB, PHP, MySQL, Black Box
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: M. Fadillah
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:18
Last Modified: 24 Nov 2022 05:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item