APLIKASI PENGELOLAAN KESEKRETARIATAN BERBASIS WEB PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA BALANGAN

Brawiezaya, Febry Muhammad Taufik (2022) APLIKASI PENGELOLAAN KESEKRETARIATAN BERBASIS WEB PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA BALANGAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (33kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
ABSTRAK_removed.pdf

Download (35kB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) adalah sebuah instansi yang bertanggung jawab atas pengolahan informasi dalam lingkungan suatu pemerintahan. Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten. Banyaknya pencatatan surat menyurat yang ada di Dinas Komunikasi Informatika Balangan membuat bermacam-macam kendala, seperti terjadinya pemborosan waktu, terhambatnya pekerjaan lain, menumpuknya buku catatan surat masuk dan surat keluar, dan tidak adanya file cadangan untuk surat-surat tersebut. Dari permasalahan tersebut memunculkan ide untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat mengatasi bermacam-macam kendala di atas. Aplikasi tersebut dibuat dengan menggunakan framework Laravel 9 dan Bootstrap 5, Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, Javascript, HTML dan CSS. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan pekerjaan pegawai untuk mengelola surat menyurat agar lebih cepat, efisien dan efektif. Sehingga juga dapat memberikan waktu luang untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Diharapkan untuk kedepannya aplikasi ini dapat dikembangkan dengan menambahkan keamanan tingkat lanjut dengan membuat aplikasi ini hanya dapat diakses dalam radius tertentu saja dan menambahkan fitur pembuatan surat seperti Microsoft Word dalam aplikasi, sehingga pengguna dapat membuat surat yang tampilan atau formatnya monoton maupun bervariasi dalam aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laravel, Sistem Informasi Berbasis Web, Aplikasi Pengelolaan Kesekretariatan, Diskominfo Balangan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Febry Muhammad Taufik Brawiezaya
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:01
Last Modified: 05 Jan 2023 02:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item View Item