PELAKSANAAN LELANG MELALUI INTERNET (STUDI KASUS PELAKSANAAN LELANG PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG BANJARMASIN)

Syarif, A. (2022) PELAKSANAAN LELANG MELALUI INTERNET (STUDI KASUS PELAKSANAAN LELANG PADA KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG BANJARMASIN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PENGESAHAN A. SYARIF.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian sikripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak-A.pdf

Download (22kB)

Abstract

Objek lelang yang ditawarkan pada KPKNL Banjarmasin diantaranya adalah bangunan gedung sekolah, paket kayu olahan, paket kayu bulat, mobil, rumah, tanah, tanah beserta bangunannya, sepeda motor. Adapun isi hukum yang ingin dibahas yaitu terkait pembelian kendaraan bermotor yang dilelang secara online dimana konsumen bisa merasa dirugikan karena tidak memperoleh informasi kondisi terkini kendaraan baik kondisi mesin dan perpajakan kendaraan bermotor sehingga konsumen/pembeli lelang secara online merasa dirugkan. Sedangkan sebagaimana diatur dalam Pasal 4 huruf c Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yaitu hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/jasa. Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana pelaksanaan lelang online kendaraan bermotor di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banjarmasin dan Bagaimana efektivitas lelang online dalam pembelian kendaraan bermotor melalui lelang online di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap suatu peristiwa yang terjadi di masyarakat untuk dianalisis dengan teori-teori dan peraturan-peraturan hukum yang berlaku yaitu tentang Pelaksanaan Lelang Melalui Internet (Studi Kasus Pelaksanaan Lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negaran dan Lelang Banjarmasin) Dari penelitian ini diperoleh hasil pertama Pelaksanaan lelang online di KPKNL Banjarmasin terdiri dari beberapa tahap yaitu calon pembeli meliat penawaran barang melalui situs lelang online KPKNL Banjarmasin www.lelang.go.id, selanjutnya calon pembeli membuat akun dan melengkapi data-data yang diperlukan, selanjutnya memberikan penawaran memalui situs lelang online yang telah disediakan, selanjutnya bagi pemenang akan dibuatkan administrasi untuk serah terima barang lelang. Kedua, Penulis berpendapat pelaksanaan lelang secara online tidak efektif karena informasi yang tidak lengkap, kondisi barang yang tidak sesuai sehingga pemenang lelang/pembeli merasa dirugikan karena tidak diinformasikan terkait kondisi barang secara lengkap sehingga seringkali mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki kendaraan bermotor yang dibeli serta melunasi tunggakan pajak yang tidak diinformasikan oleh pelaksana lelang online sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lelang, Internet, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: A. Syarif
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:57
Last Modified: 22 Dec 2022 01:57
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item