EFEKTIVITAS PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN DALAM MENANGANI PENGEMIS ANAK MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 17 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

NORESA, MUTI'AH (2022) EFEKTIVITAS PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN DALAM MENANGANI PENGEMIS ANAK MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 17 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (152kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA + abstrak.pdf

Download (677kB)

Abstract

Banyak nya pengemis anak yang ada di jalanan kota Banjarmasin, yang mana usia mereka adalah usia sekolah, dalam hal ini pemerintah kota punya tanggung jawab seperti yang ada dalam Perda Kota Banjarmasin No. 17 tahun 2014 terhadap kasus pengemis anak yang masih banyak bertebaran di kota Banjarmasin seperti di perempatan lampu merah, tempat umum, jemabatan, tempat ibadah, pasar, dll. ​Penelitian ini merupaka penelitian empiris, dengan menggunakan pendekatan penelitian yuridis sosiologis, teknik pengambilan data nya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis secara deskreptif kualitatif, yang dengan memberikan pemaparan atau menjelaskan secara rinci. ​Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran pemerintah kota Banjarmasin dalam menangani kasus pengemis anak yang pertama ada dari Satuan Polisi Pamong Praja yang mana tugas Satpol PP sebagai penegak perda adalah sampai penertiban di jalan saja seperti pengawasan dan razia. Selebihnya untuk pembinaan dan tindak lanjutnya dilakukan oleh dinas terkait yaitu Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.. Dan hasil dari penelitia ini menyatakan penegakkan perda No. 17 tahun 1014 tentang perlindungan anak terhadap pengemis anak masih kurang efektif. (2) Juga Kendala yang dihadapi oleh Pemerintah kota yaitu keselamatan si pengemis anak saat ditertibkan, faktor cultural juga structural, faktor masyarakat, juga pola pikir.​Hendaknya pemerintah Kota Banjarmasin melakukan koordinasi secara komprehensif antar instansi terkait yang mempunyai tupoksi terhadap penanganan Pengemis anak di Kota Banjarmasin. Juga mencari stategi baru agar penertiban bisa lebih terlaksana hingga pengemis anak di Banjarmasin dapat berkurang juga, Lebih ditingkatkan lagi sosiallisasi atau pemberian pengetahuan terhadap masyarakat yang masih memberi pengemis anak dijalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pengemis, anak
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muti'ah Noresa
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:55
Last Modified: 29 Dec 2022 02:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item