PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENGEMIS DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 3 TAHUN 2010 TENTANG PENANGANAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS SERTA TUNA SUSILA

Saufiah, Saufiah (2022) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENGEMIS DI KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 3 TAHUN 2010 TENTANG PENANGANAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS SERTA TUNA SUSILA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (322kB)

Abstract

Dari tahun-ketahun kemiskinan di Indonesia semakin meningkat ini disebabkan oleh gagalnya perencanaan ekonomi yang direncanakan pemerintah dan sulitnya akses pendidikan dan pekerjaan. Implikasi dari kemiskinan mengakibatkan munculnya fenomena pengemis. Di Kota Banjarmasin saat ini pengemis mudah dijumpai, seperti di perempatan lampu lalulintas dan Pasar Antasari sedangkan di Kota Banjarmasin telah diberlakukan Peraturan Daerah mengenai larangan pengemisan di muka umum. Adapun rumusan masalah, yaitu bagaimana penegakan hukum dan apa saja kendala yang dihadapi dalam penegakan hukum terhadap pengemis di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin berdasarkan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis serta Tuna Susila. Penelitian yuridis empiris, dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ialah Kepala Seksi  Penegakan pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarmasin. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu, penegakan hukum terhadap pengemis di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Penanganan Gelandangan Dan Pengemis Serta Tuna Susila, dalam hal penegakan hukum terhadap peraturan daerah yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja sudah dijalankan sebagaimana mestinya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta melakukan penertiban dan penegakan hukum secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Satpol PP, Penegakan, Pengemis
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Saufiah
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:50
Last Modified: 30 Dec 2022 02:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14066

Actions (login required)

View Item View Item