ANALISIS KEDUDUKAN HUKUM TENTANG ASAS PERJANJIAN YANG MENGIKAT TERHADAP HAK ASUH ANAK (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR : 2021 K/PDT/2020)

PRAWIBUMI, PRAMUDIA KELANA (2023) ANALISIS KEDUDUKAN HUKUM TENTANG ASAS PERJANJIAN YANG MENGIKAT TERHADAP HAK ASUH ANAK (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR : 2021 K/PDT/2020). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitiaan ini memfokuskan pada apa yang menjadi Petimbangan Hakim terhadap Perjanjian Hak Asuh Anak serta bagaimana analisis kedudukan Hukum tentang Asas Perjanjian Yang Mengikat terhadap Hak Asuh Anak dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor: 2021 K/PDT/2020. Metode yang di terapkan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif yakni dengan pendekatan perundang-undangan (Statute Approuce) dimana peneliti juga akan melakukan penelitian dengan cara dan di dukung studi kasus (Case Study). Pada penelitian ini menggunakan bahan hukum yang diolah dan di analisis berdasarkan permasalahan pada penelitian ini. Sehingga dapat di simpulkan bahwa Pertimbangan Hakim tidaklah tepat yang mana pada Pertimbangan Hakim tersebut menghilangkan keadaan hukum perjanjian Hak Asuh Anak, maka sudah cukup tepat pada Putusan Pengadilan Tinggi Negeri Semarang Nomor: 473/PDT/2019/PT SMG. Serta analisis terhadap kedudukan Asas Perjanjian Yang Mengikat dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor: 2021 K/PDT/2020, terjadi kekacuan dalam sistematika kedudukan hukum yang mengakibatkan Asas Perjanjian Mengikat merupakan produk hukum yang sumbernya dari Undang-Undang dapat di kalahkan dengan Hak Asuh Anak oleh ibunya yang sumber hukumnya lahir dari Yurisprudensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedudukan hukum, Perjanjian, Hak Asuh Anak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramudia Kelana Prawibumi
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:14
Last Modified: 10 Jan 2023 02:14
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item View Item