PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PENCURIAN MENURUT SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDI KASUS DI WILAYAH DESA PULAU KALADAN)

sulis, sulis (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PENCURIAN MENURUT SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK (STUDI KASUS DI WILAYAH DESA PULAU KALADAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (530kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (421kB)

Abstract

Anak adalah keturunan pengganti dimasa yang akan datang, baik atau buruknya keadaan masa depan bangsa tergantung pula terhadap kondisi anak saat ini. Anak sangat membutuhkan perlindungan dari dampak negatif perkembangan zaman saat ini. Seperti ilmu pengetahuan teknologi yang sangat mempengaruhi terhadap nilai dan perilaku anak. Penyimpangan tingkah laku anak dipengaruhi oleh faktor bebasnya pergaulan. Salah satu faktor pengaruh negatif anak yaitu penyalahgunaan narkotika dan lingkungan yang bebas. Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah yaitu bagaimana penegakan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian di wilayah desa pulau kaladan , dan apa faktor penghambat dalam penegakan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian di wilayah desa pulau kaladan. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian yuridis empiris. Yuridis yaitu mengkaji konsep normatifnya atau peraturan perundang-undangan, empiris yaitu mengkaji mengenai proses penanganan penegakan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian di wilayah desa pulau kaladan, kemudian mengkaji faktor penghambat dalam penegakan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana pencurian di wilayah desa pulau kaladan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penanganan dalam kasus tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak-anak di wilayah desa pulau kaladan yang ditangani oleh polsek Mantangai yaitu dilakukan secara berdamai dengan cara kepolisian menggunakan prinsip restorative justice. Dan dalam penanganan kasus tindak pidana pencurian di wilayah desa Pulau Kaladan terhadap beberapa faktor penghambat dalam penegakan hukumnya yaitu pertama kurangnya sarana dan fasilitas, kedua kurang kesadaran hukum bagi masyarakat, ketiga diwilayah desa Pulau Kaladan terdapat lingkungan yang bebas, keempat kurangnya sosialisasi tentang bahaya narkoba, dan yang kelima faktor keekonomiannya yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ka anak; tindak pidana; pencurian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sulis
Date Deposited: 11 Jan 2023 05:23
Last Modified: 11 Jan 2023 05:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item