EFEKTIVITAS HUKUM ATAS PEMBINAAN NARAPIDANA RESIDIVIS NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA KARANG INTAN

HAKIM, NOR (2023) EFEKTIVITAS HUKUM ATAS PEMBINAAN NARAPIDANA RESIDIVIS NARKOTIKA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA KARANG INTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (197kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
ARTIKEL NOR HAKIM .pdf

Download (275kB)

Abstract

Permasalahan penyalahgunaan narkotika juga banyak terjadi dalam lingkup wilayah hukum Kalimantan Selatan, di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan dihuni oleh Narapidana sebanyak 1588 Orang dan Tahanan sebanyak 9 orang terhitung pertanggal 27 Juni 2022. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tindak pidana penyalahgunaan narkotika harus mendapat perhatian serius, khususnya dalam sanksi pemidanaannya, agar nantinya penerapan sanksi pemidanaan yang bertujuan untuk melakukan rehabilitasi, pembinaan, dan bimbingan pada narapidana benar-benar dapat berjalan dengan efektif. Sehingga permasalahan narkotika tersebut dapat segera teratasi. Berdasarkan uraian latar belakang, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Bagaimana ketentuan mengenai kewenangan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan dalam melaksanakan pembinaan terhadap narapidana residivis narkotika? Bagaimana efektivitas pelaksanaan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan terhadap narapidana residivis narkotika pada Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan? Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan, metode penelitian yang dilakukan yaitu metode empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketentuan mengenai kewenangan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan dalam melaksanakan pembinaan terhadap narapidana residivis narkotika dan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan terhadap narapidana residivis narkotika pada Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan. Hasil yang diperoleh penulis dalam penelitian ini antara lain adalah bahwa dalam proses pembinaan narapidana narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan yang disebut sebagai Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan telah mendapatkan pembinaan yang cukup baik dan hampir memenuhi kriteria tapi belum efektif yang seharusnya diberikan oleh Lembaga Pemasyarakatan. Proses pelaksanaan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan masih banyak banyak terdapat hambatan-hambatan, untuk meminimalisir hambatan-hambatan tersebut ada beberapa upaya yang dilaksanakan oleh pihak lembaga pemasyarakatan. Untuk lebih mengakrabkan diri serta menjalin tali silaturahmi antara petugas dan warga binaan pemasyarakatan dalam menunjang proses pembinaan dan mengefektifkan pengamanan, pihak lembaga pemasyarakatan lebih banyak melakukan pendekatan persuasif dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang berwujud rekreasional seperti bernyanyi bersama dengan iringan electone, nonton bareng antara pihak petugas dan warga binaan pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Narapidana, Residivis, Binaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Nor Hakim
Date Deposited: 15 Feb 2023 05:42
Last Modified: 15 Feb 2023 05:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15327

Actions (login required)

View Item View Item