IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI BANJAR NOMOR 30 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PEMBATASAN SOSIAL TERTENTU MASYARAKAT PRODUKTIF DAN AMAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KABUPATEN BANJAR PADA PASAR BATUAH MARTAPURA

Norhidayah, Norhidayah (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI BANJAR NOMOR 30 TAHUN 2020 TENTANG PEDOMAN PEMBATASAN SOSIAL TERTENTU MASYARAKAT PRODUKTIF DAN AMAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI KABUPATEN BANJAR PADA PASAR BATUAH MARTAPURA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (272kB)

Abstract

Norhidayah. NPM. 18.81.0134. 2022. Implementasi Peraturan Bupati Banjar Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Tertentu Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Banjar pada Pasar Batuah Martapura. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan. Pembimbing I Dr. Afif Khalid, S. H.I., S.H., M.H., Pembimbing II Dr. Akhmad Munawar, S.H., M.H. Kata kunci: COVID-19, protokol kesehatan, Pasar Batuah Epidemi/wabah penyakit sekarang ini tengah dirasakan masyarakat berskala global yaitu telah terjadi penyebaran dan penularan wabah penyakit Corona Virus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan COVID-19 muncul tepatnya pada sekitar Desember 2019 yang dampaknya terasa diberbagai sektor salah satunya dalam sektor ekonomi yang meliputi perorangan dan pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Implementasi pembatasan sosial Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di masyarakat pada Pasar Batuah Martapura dan mengetahui hambatan hambatan yang dihadapi oleh pemerintah daerah melalui perangkat daerah dalam melaksanakannya. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yaitu penelitian yang menitikberatkan pada hasil penelitian melalui metode sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara narasumber secara langsung dan data sekunder yang diperoleh dari bahan-bahan literatur. Dari hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada Pasar Batuah Martapura dilakukan penyekatan di pintu-pintu masuk selain juga melakukan sosialisasi memakai masker dan protokol Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) kepada pedagang-pedagang dan pengunjung pasar diikuti penyemprotan disinfektan ditempat-tempat umum dan pengamanan serta pengawasan masyarakat yang terpapar Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Apabila terjadi pelanggaran dalam penegakkan, dilakukan sanksi berupa teguran dan peringatan. Terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya kesadaran masyarakat dan masih banyak ditemukan masyarakat yang keluar rumah tanpa memerhatikan protokol kesehatan bahkan sengaja tidak menggunakan masker dan masih banyak masyarakat yang berkumpul pada keramaian tanpa menjaga jarak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, protokol kesehatan, Pasar Batuah
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Norhidayah
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:58
Last Modified: 01 Mar 2023 03:58
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item View Item