APLIKASI PENGELOLAHAN PENDAPATAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN TAPIN BERBASIS WEB

Anshari, Muhammad Fikri (2023) APLIKASI PENGELOLAHAN PENDAPATAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN TAPIN BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (174kB)

Abstract

Badan Pendapatan Daerah adalah sebuah instansi yang dibawah kepimpinan pemerintah yang ada dikabupaten tapin, Kantor BPPD daerah Kabupaten Tapin, provinsi Kalimantan Selatan. Tugas utama dari Bappenda adalah sebagai badan pengelola pendapatan daerah sesuai dengan asas otomi daerah dan undang-undang yang berlaku. Fungsi Bappenda sendiri ialah penyusun kebijakan teknis pengelolaan pendapatan daerah, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan daerah. Untuk informasi lain terkait Bappenda. Permasalahan yang dihadapi Badan Pendapatan Daerah ini adalah ada sistem yang masih menggunakan metode lama yakni menggunakan sistem Microsoft Excel atau sering disebut Excel . Karena menggunakan sistem yang lama sering terjadi penginputnya yang salah, pencarian data yang membutuhkan waktu apalagi kalau mencari datanya yang lama terutama di bidang penginputan data pajak dan retribusi daerah. Metode Pemecahan masalahannya ada 4 yaitu dengan cara Metode Observasi, metode ini didapat pada waktu mengobservasi ke Badan Pendapatan Daerah lalu yang kedua adalah Metode Wawancara, metode ini saat memewancara kepada karyawan-karyawan Badan Pendapatan Daerah terutama dalam di bidang penginputan pendapatan pajak dan retribusi daerah, Selanjutnya adalah Metode Studi Pustaka, metode ini didapat pada waktu saat mempelajari dokumen- dokumen yang berkaitan dengan bidang peinputan data pajak dan retribusi. Dan Sistem yang akan digunakan berbasis Web serta menggunakan Aplikasi Visual Studio Code sebagai tempat untuk koding dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan tentunya memakai cara sistem Unified Modeling Language (UML). Ulasan singkat hasilnya Aplikasi ini akan sangat dibutuhkan dikarenakan dengan di era serba digital akan mempermudah pekerjaan terutama pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tapin. Rekomendasi yang diajukan ada beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan oleh peneliti selanjutnya, yaitu sebagai berikut : (1) Aplikasi berbasis web ini disusun untuk meinput data pajak dan retribusi. Tentunya berbasis web dengan menggunakan visual studio code yang akan menjadi sebuah aplikasi. (2) Berdasarkan hasil penilitian ini, maka peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan sistem operasi dengan menggunakan selain fitur -fitur yang ada. Selain berfungsi sebagai pembanding, penilitian yang menganalisis model web lain agar dapat mendapatkan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dalam Aplikasi Pengelolaan Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tapin ini. (3) Kedepan seterusnya, penilitian ini bisa dikembangkan menjadi Berbasis Android

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA), Hypertext Preprocessor (PHP), Unified Modeling Language, Visual Studio Code, Web.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Fikri Anshari
Date Deposited: 14 Mar 2023 05:25
Last Modified: 14 Mar 2023 05:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15657

Actions (login required)

View Item View Item