KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR MENURUT SYEKH UMAR BIN AHMAD BARAJA (TELAAH KITAB AL- AKHLAQU LILBANIN)

SALEH, MUHAMMAD (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR MENURUT SYEKH UMAR BIN AHMAD BARAJA (TELAAH KITAB AL- AKHLAQU LILBANIN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Jurnal Publikasi Saleh.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (644kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYTAAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena berbagai fenomena dan gejala sosial dikalangan anak-anak seperti praktek sopan santun yang mulai memudar, kurang hormat terhadap orang tua dan guru, kasus-kasus kekerasan pada anak, geng motor, pornografi, tawuran, narkoba, dan ketidakjujuran menjadi pemandangan sehari-hari di negeri ini, sehingga penulis ingin menelaah bagaimanakah konsep pendidikan karakter anak usia Sekolah Dasar menurut Syekh Umar Bin Ahmad Baraja dengan tujuan agar penulis dapat mendeskripsikan konsep pendidikan karakter anak usia Sekolah Dasar menurut Syekh Umar Bin Ahmad Baraja. penelitian kepustakaan (Library Research). Library Research yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, kitab-kitab, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan. Studi kepustakaan merupakan langkah yang penting karena setelah peneliti menetapkan topik penelitian, langkah selanjutnya adalah melakukan kajian yang berkaitan dengan topik penelitian. Dalam mencari teori, peneliti akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kepustakaan yang berhubungan. Sumber-sumber kepustakaan diperoleh dari buku-buku, kitab-kitab, jurnal hasil penelitian yang sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis studi pustaka kitab Al- Akhlaqu Lilbanin. Berdasarkan temuan dan hasil analisis terhadap kitab ini, diketahui bahwa kitab Al- Akhlaqu Lilbanin memuat berbagai bentuk pendidikan karakter yang meliputi nilai religius, jujur, toleransi dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karekter, Syekh Umar Bin Ahmad Baraja,Karakter Religius dan Karakter Jujur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Saleh
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:07
Last Modified: 05 Dec 2022 05:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item