KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN DAN PEMERINTAHAN DI DESA SEGUMBANG KECAMATAN BATULICIN KABUPATEN TANAH BUMBU

AULIA, IHWAN (2022) KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN DAN PEMERINTAHAN DI DESA SEGUMBANG KECAMATAN BATULICIN KABUPATEN TANAH BUMBU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ba8433f6-9459-4a94-9721-cf462010b6a5.pdf

Download (83kB)
[img] Text
6a875797-bc57-4f8f-849f-060f26cac2eb.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Artikell Ihwan Aulia.pdf

Download (292kB)

Abstract

IHWAN AULIA. NPM. 17120270 Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Dan Pemerintahan di Desa Segumbang Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu . Pembimbing I Dr. Murdiansyah Hermasn, S.Sos, M.Ap dan Pembimbing II Sitna Hajar Malawat, S.Ap, M.Ap. Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan dan hambatan dari peranan Badan permusyawaratan Desa dalam pembangunan di Desa segumbang. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peranan BPD dalam penyelenggaraan pembangunan maupun pemerintahan di Desa segumbang. Manfaat penelitian diharapkan berguna untuk mengembangkan konsep-konsep maupun teori yang berkaitan dengan Pemerintahan Desa yang baik, sehingga aspirasi warga dapat didengar dan disalurkan pada aparat Desa melalui BPD. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif artinya peneliti berusaha menguraikan masalah penelitian yaitu mengenai Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Penyelenggaraan Pembangunan Dan Pemerintahan Di Desa Segumbang Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu . Hasil penelitian menemukan upaya meningkatkan kinerja BPD di Desa Segumbang Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, maka untuk mengukur kinerja BPD tersebut digunakan kriteria responsivitas sudah berjalan dengan baik, terbukti aspirasi warga ingin merenovasi Musholla Husnul Khatimah dapat diwujudkan dalam waktu kurang dari 1 tahun, Produktivitas berarti salah satu ukuran keberhasilan BPD adalah didasarkan atas berapa banyak Peraturan Desa yang dibuat dan disetujui sesuai dengan kepentingan desa, BPD telah berhasil menyusun 2 peraturan desa mengenai penanganan Covid 19 dan perlikau hidup bersih walaupun baru 6 bulan dilantik, Efektivias berarti sampai sejauh mana lembaga tersebut untuk dapat melaksanakan fungsi pengawasannya, yaitu telah mengawasi pelaksanaan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan Kepala Desa agar hak kedaulatan rakyat untuk dapat mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah. Respon masyarakat terhadap BPD yang ada di Desa Segumbang Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu sebagai forum musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan aspirasi masyarakat di desa sudah baik, sehingga ke depannya masyarakat sangat menaruh harapan kepada lembaga BPD untuk terus memperbaiki kinerjanya.Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja BPD di Desa Segumbang Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi yaitu dari segi Pendidikan anggota BPD rata-rata sudah berpendidikan SLTA keatas, walupun bukan berasal dari bidang ilmu pemerintahan tetapi kemauan belajar dan tak segan bertanya membuat mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik selain itu anggota BPD telah memiliki dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh dan dalam masyarakat sehingga akan memberikan kemampuan untuk memahami aspirasi rakyat yang terus berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, BPD, Pembangunan Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Rejekinta Ompusunggu
Date Deposited: 24 Dec 2022 01:45
Last Modified: 24 Dec 2022 01:45
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13858

Actions (login required)

View Item View Item