PERENCANAAN DESAIN STRUKTUR BALOK BETON PRATEGANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI HANDIL BAKTI

Kurniawati, Anggraini (2023) PERENCANAAN DESAIN STRUKTUR BALOK BETON PRATEGANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI HANDIL BAKTI. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (69kB)

Abstract

Pada gedung kuliah baru Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari pada lantai empat rencananya akan dijadikan aula. Perencanaan awal dari gedung tersebut ada kolom struktur yang berada di tengah tengah ruangan, maka dari itu untuk mewujudkan ruangan aula yang luas dan tidak ada kolom, dengan cara mengubah perencanaan strukturnya. Dalam merencanakan suatu struktur bangunan tergantung fungsi bangunan yang akan direncanakan. Dalam struktur bangunan gedung balok dan kolom saling melengkapi. Balok berfungsi sebagai rangka penguat horisontal bangunan akan beban-beban, sedangkan kolom berfungsi sebagai elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya lantai yang bersangkutan dan juga runtuhnya seluruh struktur, serta penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Karena kolom di lantai empat akan dihilangkan, hal ini menyebabkan seluruh beban yang diatas akan ditanggung oleh balok. Maka dari itu diperlukan desain balok beton yang kuat untuk menahan gaya tarik yang besar disebabkan memon lentur yang terjadi pada balok tersebut dengan menggunakan balok beton prategang yang dapat membuat gaya dalam yang bekerja sepanjang bentang menjadi gaya tekan. Untuk rencanakan struktur balok prategang pertama menghitung pembebanan yang dilakukan meliputi beban mati, beban hidup, beban angin, beban air hujan, beban atap dan beban gempa yang disesuaikan terhadap peraturan. Analisi struktur bangunan mengunakan program aplikasi SAP2000. Dengan melakukan metode Trial and Error menghasilkan dimensi balok beton prategang yang akan digunakan yaitu 1000 X 500 mm, selanjutnya melakukan analisis desain balok prategang yang dilakukan adalah dengan mencari nilai gaya momen maksimum pada struktur lantai empat, kemudian dilakukan perhitungan penulangan serta kebutuhan tendon. Dari hasil analisis balok beton prategang dengan dimensi 1000 X 500 mm dengan panjang bentang 15 meter menggunakan 1 buah tendon dan 14 buah kabel strand.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Balok Prategang, Struktur, Bangunan Gedung
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Anggraini Kurniawati
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:57
Last Modified: 09 Feb 2023 02:57
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15211

Actions (login required)

View Item View Item