HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMA NEGERI 5 BANJARBARU TAHUN 2023

Widyastuti, Adelin (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI SMA NEGERI 5 BANJARBARU TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK_ADELIN WIDYASTUTI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
PENGESAHAN_ADELIN WIDYASTUTI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI_ADELIN WIDYASTUTI.pdf

Download (248kB)

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia dari 69,4 juta jiwa remaja yang ada di Indonesia terdapat sebanyak 63 juta remaja berperilaku hygiene sangat buruk yaitu perilaku yang kurang dalam merawat daerah kewanitaan sejumlah 30% yang diakibatkan lingkungan yang tidak sehat dan 70% diakibatkan oleh penggunaan pembalut yang kurang tepat ketika menstruasi (Riset Kesehatan Dasar, 2017). Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap siswi dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi di SMAN 5 Banjarbaru. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional study. Populasi yang diambil adalah seluruh siswi kelas X dan XI SMAN 5 Banjarbaru dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 67 sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Hasil: Menunjukan bahwa ada hubungan antara pengetahuan (p-value=0,020) siswi dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi di SMAN 5 Banjarbaru dan ada hubungan antara sikap (p-value=0,000) siswi dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi di SMAN 5 Banjarbaru. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap siswi dengan perilaku persoal hygiene saat menstruasi di SMAN 5 Banjarbaru. Saran: Harus selalu menerapkan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu membuat peningkatan menjadi lebih baik lagi supaya bisa menghindari berbagai macam penyakit yang diakibatkan dari kebersihan diri saat menstruasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Menstruasi, Pengetahuan, Perilaku Personal Hygiene, Sikap.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Adelin Widyastuti
Date Deposited: 02 May 2024 02:55
Last Modified: 02 May 2024 02:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/22791

Actions (login required)

View Item View Item