ANALISIS POLA GIZI PADA IBU HAMIL TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA BALITA USIA 2-5 TAHUN DI WILAYAH PUSKESMAS PELAMBUAN 2023

Jannah, Raudatul (2024) ANALISIS POLA GIZI PADA IBU HAMIL TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA BALITA USIA 2-5 TAHUN DI WILAYAH PUSKESMAS PELAMBUAN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstract.pdf

Download (392kB)
[img] Image
Lembar Pengesahan.png

Download (1MB)
[img] Image
Pernyataan Keaslian.png

Download (285kB)
[img] Text
Pengesahan Raudah.pdf

Download (614kB)
[img] Text
Pernyataan Raudah.pdf

Download (169kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pola Gizi Pada Ibu Hamil Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita Usia 2-5 Tahun Di Wilayah Puskesmas Pelambuan 2023. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesedaran akan pola gizi dan menurunkan angka stunting pada Balita di wilayah Puskesmas Pelambuan. Jenis Penelitian adalah kualitatif yang merupakan salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang kenyataan melalui proses berpikir induktif. Dalam penelitian ini, Peneliti diharapkan memusatkan perhatian pada kenyataan atau kejadian dalam konteks yang diteliti. Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk memahami fenomena atau gejala sosial dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang pola gizi ibu hamil pada kejadian stunting balita yang dikaji dari pada memerincinya menjadi variabel yang saling terkait. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan dengan menelusuri dan memahami kejadian yang terjadi,mengapa terjadi, dan bagaimana terjadinya. Hasil penelitian yakni berdasarkan penelitian yang telah di lakukan di wilayah puskemas pemabuan tentang analisis pola gizi pada ibu hamil terhadap kejadian stunting pada balita 2-5 tahun diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi stunting di antaranya faktor ekonomi, faktor pendidikan, dan faktor kebutuhan gizi. Di wilayah pelambuan mayoritas ibu hamil memeiliki tingkat pendidikan yang rendah dan untuk jumlah ibu hamil perbulan nya sekitar 15 orang. Pada balita stunting tersendiri didapati 2 balita dengan keadaan kurang gizi sejauh ini, namun sudah ditangani dan dilakukan tindakan dengan dilaporkan ke dinas kesehatan dan diberikan makanan tambahan biskuit khusus. Dan adanya program dashat yang berfokus pada mengedukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan pada ibu hamil, ibu menyusui, serta balita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Gizi Pada Ibu Hamil Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Raudatul Jannah
Date Deposited: 08 May 2024 05:22
Last Modified: 08 May 2024 05:22
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/23162

Actions (login required)

View Item View Item