PENGARUH PENYULUHAN PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI TERHADAP PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU DI MADRASAH TSANAWIYAH ULUMUL QUR’AN AL MADANI TAHUN 2023

Anisak, Sholehatun (2024) PENGARUH PENYULUHAN PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI TERHADAP PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU DI MADRASAH TSANAWIYAH ULUMUL QUR’AN AL MADANI TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Sholehatun Anisak.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Pengesahan Sholehatun Anisak.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Keaslian Sholehatun Anisak.pdf

Download (340kB)

Abstract

Remaja wanita kesulitan menemukan informasi yang valid dalam menghadapi masa pubertas. Salah satu langkah terkait permasalahan tersebut dengan memberikan informasi tentang personal hygiene pada saat menstruasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Al Madani sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan penyuluhan. Penelitian ini kuantitatif dengan metode pre eksperimental designs atau quasi eksperimen menggunakan rancangan one-group pre-test post-test design. Populasinya 99 siswi kelas VII dan VIII. Sampel dihitung dengan rumus Slovin 50 siswi. Teknik sampel yang digunakan teknik proportionate random sampling. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan signifikan terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku siswi. Dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan bahwa metode penyuluhan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penyuluhan, (p < 0.05) untuk semua variabel yang diteliti, yaitu tentang pengetahuan, sikap, dan perilaku. Saran bagi madrasah yaitu melakukan edukasi khusus kesehatan reproduksi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswi-siswi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan, Personal Hygiene Saat Menstruasi, Pengetahuan, Sikap, Perilaku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Sholehatun Anisak
Date Deposited: 17 May 2024 01:08
Last Modified: 17 May 2024 01:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item