PEMASARAN CABAI (Capsicum annuum L) DAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) DI KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR ( Studi Kasus P4S Patra Mandiri )

Azis Amrullah, Abdul (2024) PEMASARAN CABAI (Capsicum annuum L) DAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) DI KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR ( Studi Kasus P4S Patra Mandiri ). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (78kB)
[img] Text
Lembar Plagiasi .pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, fungsi pemasaran dan biaya, keuntungan, margin, farmer’s share, efesiensi pemasaran cabai dan tomat pada usahatani cabai dan tomat di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Studi Kasus P4S Patra Mandiri. Metode yang dilakukan adalah studi kasus dengan pengambilan sampel simple random sampling sebanyak 14 orang petani dan untuk saluran pemasaran menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemasaran cabai dan tomat di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Studi Kasus P4S Patra Mandiri memiliki tiga pola pemasaran total biaya pemasaran cabai Saluran II sebesar Rp.3.050/Kg dan Saluran III sebesar Rp.6.252 /Kg, pada pemasaran tomat memperoleh biaya pemasaran Rp.3.248/Kg Pada saluran II dan Rp.5.529/Kg. Keuntungan total pada pemasaran cabai yang didapatkan pada Saluran II Rp.2.950/Kg dan Saluran III Rp.11.748/Kg. Keuntungan total Pemasaran Pada tomat di tingkat Saluran II Rp.8.752/Kg dan Saluran III Rp.8.971/Kg. Farmer’s Share pada saluran II cabai memperoleh sebesar 86% dan, farmer’s share pada saluran III cabai sebesar 75%. Sedangkan farmer’s share pada pemasaran tomat merah saluran II tomat sebesar 86% dan saluran III pada tomat sebesar 86%. Efesiensi pada cabai Saluran II sebesar (8,71%), dan saluran III sebesar (15,63%) Sedangkan efesiensi pemasaran pada tomat ditingkat saluran II (23,2%), dan saluran III memiliki sebesar (39,5%). Kata Kunci: Pemasaran Cabai Dan Tomat, Biaya Pemasaran, Margin, Keuntungan, Farmer’s Share

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Cabai Dan Tomat, Biaya Pemasaran, Margin, Keuntungan, Farmer’s Share
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Abdul Azis Amrullah
Date Deposited: 21 May 2024 05:03
Last Modified: 21 May 2024 05:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/23506

Actions (login required)

View Item View Item