HUBUNGAN IMT (INDEKS MASSA TUBUH), MASA KERJA DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD PANGERAN JAYA SUMITRA KOTABARU TAHUN 2023

Prabowo, Heru Agung (2024) HUBUNGAN IMT (INDEKS MASSA TUBUH), MASA KERJA DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD PANGERAN JAYA SUMITRA KOTABARU TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (130kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (277kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (378kB)

Abstract

Abstrak Hasil penelitian pendahuluan yang didasarkan pada wawancara dengan tiga perawat menunjukkan bahwa mereka mengalami kelelahan kerja, terutama di ruang rawat inap karena harus melakukan observasi dan tindakan secara berkala. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan (IMT) indeks massa tubuh, masa kerja, dan kualitas tidur dengan kelelahan kerja pada perawat di RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru pada tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional. Besar sampel sejumlah 55 responden instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa mayoritas responden mengalami kelelahan kerja dalam kategori rendah (80%), memiliki indeks massa tubuh kategori berat badan berlebih (78,2%), dan masa kerja dalam kategori baru dan lama dengan persentase yang sama (36,4%), serta memiliki kualitas tidur yang baik (54,5%). Analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh (p-value: 0,302), masa kerja (p-value: 0,507), dan kualitas tidur (p-value: 0,493) dengan kelelahan kerja. Oleh karena itu, disarankan kepada RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru untuk melaksanakan program manajemen kelelahan bagi perawatnya guna memastikan kondisi tubuh mereka tetap segar dan produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kelelahan kerja, indeks massa tubuh, masa kerja, kualitas tidur
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Depositing User: Heru Agung Prabowo
Date Deposited: 22 May 2024 02:23
Last Modified: 22 May 2024 02:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/23527

Actions (login required)

View Item View Item