ANALISA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP KUALITAS PDAM DI DESA SABABILAH KABUPATENBARITO SELATAN (ETNOGRAFI)

Naim, Ainun (2022) ANALISA PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP KUALITAS PDAM DI DESA SABABILAH KABUPATENBARITO SELATAN (ETNOGRAFI). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK - AINUN NAIM.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Sripsi - Ainun Naim.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Penelitian - Ainun N.pdf

Download (183kB)

Abstract

Menurut data pemeriksaan kualitas air PDAM Triwulan 3 UPTD Puskesmas Sababilah Kabupaten Barito Selatan hasil data menunjukkan pH yang rendah yaitu 4,0 – 4,3 di PDAM Tirta Barito Desa Sababilah Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 492/menkes/per/iv/2020 Air dapat dikatakan bersih apabila memenuhi persyaratan fisik seperti tidak keruh, tidak berwarna, tidak berbau tidak berasa dan tidak berbusa, dengan uji kelayakan yaitu temperatur, kekeruhan, zat padat terlarut (TDS) dan konduktivitas air. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masyarakat terhadap kualitas air PDAM di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sababilah Kabupaten Barito Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu etnografi. Informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik indepth interview. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tentang PHBS dan sanitarian kit untuk kualitas air. Hasil identifikasi pemenuhan kualitas air PDAM di Desa Sababilah bagi masyarakat yaitu pengoperasian air yang masih belum efektif karena kapasitas air hanya 10 liter per detik dan hanya bisa beroperasi selama 2 jam saja. Kualitas air PDAM juga menjadi kendala bagi masyarakat Desa Sababilah karena dalam pemenuhan kebutuhan terhalang oleh air yang berwarna, keruh, dan asam sehingga sulit digunakan langsung untuk keperluan higiene dan sanitasi. Saran perlunya peningkatan pengoperasian air dan kapasitas air untuk kebutuhan masyarakat yang menggunakan air PDAM agar tidak kesulitan dalam penggunaan air bersih. Pentingnya untuk pihak PDAM untuk lebih memperhatikan kualitas air dan meningkatkannya agar lebih bersih dan bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan higiene sanitasi. Kata Kunci : Kualitas Air, PDAM, PHBS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Air, PDAM, PHBS.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Ainun Naim
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:30
Last Modified: 17 Nov 2022 03:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/13222

Actions (login required)

View Item View Item